Cara Hapus Nama dan Nomor HP Anda dari Pencarian Google Search

Selasa, 11 Oktober 2022 - 22:49 WIB
loading...
Cara Hapus Nama dan Nomor HP Anda dari Pencarian Google Search
Cara hapus nama dan nomor HP Anda dari pencarian Google penting untuk diketahui. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara hapus nama dan nomor HP Anda dari pencarian Google Search penting untuk diketahui. Sebab, ada sebagian orang yang ingin menghilangkan jejak atau data diri dari pencarian Google .

Mengapa? Ada banyak alasannya. Tapi, salah satu yang terpenting adalah untuk menghindari doksing. Doksing adalah tindakan untuk menyebarluaskan informasi pribadi secara publik terhadap seseorang individu tertentu. Mulai dari nomor identitas, nomor rekening keuangan, foto identitas, tanda tangan, tulisan tangan, dokumen super pribadi seperti catatan medis, hingga nomor telepon, alamat, bahkan email.

Nah, Google sendiri menyediakan fitur untuk menghapus data tambahan yang dapat meningkatkan risiko pencurian identitas. Nah, begini caranya:

1. Buka Google Search
2. Ketuk ikon profil di sudut kanan atas aplikasi
3. Cari "Results about you" di menu yang terbuka
4. Ikuti petunjuk agar Google bisa mengevaluasi dan mungkin menghapus hasil pencarian yang berisi data pribadi.

Anda juga dapat membuat permintaan untuk menghapus hasil Google Penelusuran individual yang berisi informasi pribadi sensitif saat muncul saat mencari tahu tentang data diri. Caranya:

1. Ketuk ikon tiga titik di sebelah hasil Google Search. Ini akan memunculkan halaman "About this result".
2. Jika akun Google pengguna sudah memiliki akses ke alat permintaan penghapusan baru, maka mereka akan melihat opsi "Remove result" di bagian bawah halaman.

Yang perlu diketahui, Google memang dapat membantu membersihkan informasi pribadi dengan membatasi hasil pencarian. Tapi, Google tidak bisa langsung menghapus konten yang muncul di situs web atau menutup situs web itu sendiri.



Sebab, hasil Google Search hanya mengarahkan pengguna ke situs web yang menawarkan konten yang mereka cari. Google dapat mengontrol apakah mengarahkan pengguna ke situs tersebut, tetapi tidak dapat mengontrol situs web itu sendiri.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2191 seconds (0.1#10.140)