Fitur Baru Google Akan Beri Peringatan Jika Info Pribadi Pengguna Muncul di Penelusuran

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 09:17 WIB
loading...
Fitur Baru Google Akan Beri Peringatan Jika Info Pribadi Pengguna Muncul di Penelusuran
Google telah meluncurkan fitur atau alat baru Results About You yang memberikan lebih banyak kontrol atas info pribadi pengguna yang muncul di mesin penelusuran atau pencarian. Foto/Blog.Saymine
A A A
MENLO PARK - Google telah meluncurkan fitur atau alat baru Results About You yang memberikan lebih banyak kontrol atas info pribadi pengguna yang muncul di mesin penelusuran atau pencarian. Google mengumumkan fitur ini sudah jauh lebih kuat sehingga akan memberikan peringatan jika informasi pribadi pengguna muncul dalam penelusuran (Search).

Fitur Result About You sudah diluncurkan Google tahun lalu, untuk memberi pengguna lebih banyak kontrol atas info pribadi yang muncul di hasil Google Penelusuran. Jika pengguna merasa tidak nyaman, jika nama, alamat, nomor telepon, dan lain sebagainya, muncul di hasil pencarian, pengguna dapat menghapusnya dengan beberapa klik.

“Sekarang, Google mengumumkan bahwa alat ini menjadi jauh lebih kuat. Pengguna sekarang akan dapat peringatan dari Google jika informasi pribadinya muncul di Penelusuran,” tulis laman androidauthority dikutip SINDOnews, Jumat (4/8/2023).



Google juga menyusun semua laporan yang diketahuinya tentang pengguna ke dalam dasbor baru, membuatnya lebih mudah untuk menemukan informasi pribadi dan menghapusnya. Untuk memulai fitur Result About You, lihat goo.gle/resultsaboutyou.

Dasbor baru dan sistem peringatan hanya mendukung bahasa Inggris di Amerika Serikat (AS) untuk saat ini, tetapi akan segera hadir di lebih banyak negara dan bahasa. Google juga mengumumkan dua fitur Pencarian baru yang muncul dalam hasil pencarian gambar.
Fitur Baru Google Akan Beri Peringatan Jika Info Pribadi Pengguna Muncul di Penelusuran


Kedua fitur itu, adalah SafeSearch blurring (Pengaburan TelusurAman) dan Personal explicit imagery (Citra eksplisit pribadi). Semua pengguna di seluruh dunia akan memiliki akses ke alat SafeSearch baru yang secara otomatis mengaburkan gambar dari Penelusuran.

Fitur ini akan berguna bagi orang tua, sekolah, dan organisasi swasta untuk menjauhkan citra eksplisit dari pengguna. Ini akan mulai terjadi secara default, tetapi Anda dapat dengan mudah mematikannya (kecuali, tentu saja, orang tua Anda yang menyalakannya).



Sedangkan fitur Personal explicit imagery dapat digunakan untuk menghapus gambar eksplisit nonkonsensual tentang diri Anda di hasil Google Penelusuran. Selama foto tersebut tidak dikomersialkan oleh Anda, Anda dapat dengan mudah meminta penghapusan foto eksplisit.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5489 seconds (0.1#10.140)