Samsung Berencana Bangun Pabrik Chip 3nm di AS

Selasa, 26 Januari 2021 - 20:25 WIB
loading...
Samsung Berencana Bangun Pabrik Chip 3nm di AS
Ilustrasi kantor pelayanan Samsung. FOTO/ Ist
WASHINGTON - Samsung sedang mempertimbangkan merogoh kocek USD 10 miliar untuk membangun pabrik chip di Austin, Texas, Amerika Serikat.

BACA JUGA - Indikasi Kapten Afwan Mencoba Kuasai Autothrottle Sriwijaya Air SJ182 Mencuat

Pabrik ini nantinya bakal memproduksi prosesor 3nm, dan bakal menjadi pabrik ketiga Samsung yang bisa memproduksi chip dengan teknologi extreme ultraviolet lithography.

Dikutip dari The Verge, Selasa (26/1/2021), jika rencana tersebut benar, pembangunan pabrik tersebut akan dimulai tahun ini, dengan pengoperasian yang dimulai paling cepat pada tahun 2023.



BACA JUGA- Pesawat Sriwijaya Air Jatuh, Sensor Otomatis Boeing 737 Series Terkenal Bermasalah

Pabrik fabrikasi yang berbasis di AS ini dapat membuat posisi Samsung lebih aman untuk mendapatkan kontrak dari perusahaan asal AS di tengah ketegangan perdagangan yang sedang berlangsung antara AS dan China.

Rencana Samsung untuk pabrik tersebut dilaporkan masih dalam tahap awal, tetapi beberapa langkah awal telah diambil. Nikkei melaporkan pada bulan Desember bahwa Samsung telah mengakuisisi sebidang tanah seluas 440.000 meter persegi di Austin, yang sudah dikenal sebagai daerah manufaktur sejak tahun 90-an.



Langkah tersebut juga akan membawa Samsung ke dalam persaingan yang lebih ketat dengan TSMC yang memproduksi chip untuk Apple, termasuk prosesor 5nm yang terdapat di dalam iPhone dan Mac terbaru Apple.

TSMC juga berinvestasi di pabrik yang berbasis di AS, dengan lokasi $ 12 miliar di Arizona yang diharapkan mulai membuat chip pada tahun 2024.

Dengan investasi ini, Bloomberg mencatat bahwa Samsung memanfaatkan tren yang berkembang untuk perusahaan seperti Microsoft, Amazon, dan Google untuk merancang chip mereka sendiri dan melakukan outsourcing manufaktur ke perusahaan seperti Samsung dan TSMC.

Selain membuat chip untuk orang lain, Samsung juga memproduksi prosesor Exynos sendiri untuk digunakan di smartphone-nya.
(wbs)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE