Alasan Utama Gen Z Selalu Menyetel Ponselnya dalam Mode Jangan Ganggu

Minggu, 10 Maret 2024 - 12:02 WIB
loading...
Alasan Utama Gen Z Selalu Menyetel Ponselnya dalam Mode Jangan Ganggu
Gen Z Selalu Menyetel Ponselnya dalam Mode Jangan Ganggu. FOTO/ DAILY
A A A
NEW YORK - Generasi Z terkenal dengan penggunaan teknologi yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Salah satu kebiasaan yang menarik perhatian adalah penggunaan mode 'Jangan Ganggu' (DND) pada ponsel mereka.



Sebagian Gen Z sangat benci menjawab telepon sehingga mereka berusaha keras untuk membuat diri mereka tidak dapat dihubungi.

Bulan lalu, jurnalis Max Burns berbagi keterkejutannya saat mengetahui bahwa beberapa rekan Gen Z-nya selalu mengaktifkan 'Jangan Ganggu'.

"SAMPAI [hari ini saya mengetahui] bahwa beberapa anak Gen Z selalu mengaktifkan mode Jangan Ganggu pada ponsel mereka 24/7, sehingga mereka tidak perlu menghadapi rasa cemas saat menjawab telepon." tulis Max di X serti dilansir dari Unilad, Minggu (10/3/2024).

Alasan utama Gen Z menggunakan jangan ganggu:

1. Ketakutan menerima panggilan tak terduga: Gen Z merasa cemas saat menerima panggilan dari nomor yang tidak dikenal. Mereka lebih memilih berkomunikasi melalui teks atau media sosial, di mana mereka memiliki kontrol lebih besar atas interaksi.
2. Keinginan untuk fokus: Di era digital yang penuh distraksi, Gen Z menggunakan DND untuk fokus pada tugas atau aktivitas tertentu tanpa diganggu oleh notifikasi.
3. Keinginan untuk privasi: Gen Z menghargai privasi mereka dan DND memungkinkan mereka untuk mengontrol siapa yang dapat menghubungi mereka dan kapan.
4. Kebiasaan dan preferensi: Bagi Gen Z, DND adalah pengaturan default dan mereka terbiasa menggunakannya tanpa memikirkannya.
Alasan lain yang dikemukakan:

Ketakutan akan "terhubung" 24/7: Generasi Z ingin memiliki waktu untuk diri mereka sendiri dan tidak selalu terhubung dengan dunia luar.

Ketidaksukaan terhadap gangguan: Gen Z tidak ingin diganggu oleh notifikasi yang tidak penting.
Kebiasaan multitasking: Gen Z terbiasa melakukan banyak hal sekaligus dan DND membantu mereka fokus pada satu tugas pada satu waktu.

Kebiasaan ini tidak terbatas pada Gen Z, banyak orang dari generasi lain juga menggunakan DND.
Alasan untuk menggunakan DND dapat bervariasi dari orang ke orang.
Kesimpulan:

Gen Z menggunakan DND karena berbagai alasan, termasuk kecemasan sosial, keinginan untuk fokus, dan penghargaan terhadap privasi. Kebiasaan ini tidak hanya terbatas pada Gen Z dan dapat dilihat sebagai respons terhadap tuntutan hidup di era digital.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7765 seconds (0.1#10.140)