Omzet Toko Kelontong Anjlok, Warung Pintar Coba 'Ganjal' dari Sisi Suplai

Selasa, 26 Januari 2021 - 07:37 WIB
loading...
Omzet Toko Kelontong Anjlok, Warung Pintar Coba Ganjal dari Sisi Suplai
Warung Pintar mengukur rata-rata penurunan pendapatan warung hingga angka 28%. Bahkan di beberapa lokasi, mengalami penurunan drastis hingga lebih dari 80%. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Wabah COVID-19 yang sudah berlangsung sejak awal 2020 menghantam usaha seluruh pengusaha, terlebih para pengusaha mikro . Melalui survei internal, Warung Pintar mengukur rata-rata penurunan pendapatan warung hingga angka 28%. Bahkan di beberapa lokasi, seperti lokasi komersial, layanan publik, dan sekolah, mengalami penurunan paling drastis hingga lebih dari 80% akibat berhentinya aktivitas di lokasi-lokasi tersebut.

Pembatasan aktivitas mengakibatkan disrupsi pada rantai pasok yang menyebabkan ketidakpastian keberadaan barang, serta lonjakan harga akibat kelangkaan barang tertentu. Hal ini juga merupakan imbas dari perubahan perilaku masyarakat terhadap pembelian dan pemilihan barang konsumsi dengan menjadikan warung dan toko kelontong sebagai opsi utama pemenuhan kebutuhan harian.

Baca Juga: Ini 8 Fakta Transaksi Offline dan Online di ShopeePay Selama 2020

Ketidaksiapan rantai pasok terhadap perubahan yang terjadi mendadak berujung pada butterfly effect terhadap penurunan penghasilan tulang punggung ekonomi. “Efek pandemik pada warung mendorong Warung Pintar untuk menyingsingkan lengan baju lebih jauh demi mengurangi kemerosotan lebih lanjut yang dialami para pengguna kami. Oleh karena itu, kami memilih untuk menajamkan layanan-layanan agar dapat menjawab permasalahan utama warung di tengah pandemik, yakni ketidakstabilan rantai pasok," kata Agung Bezharie Hadinegoro, CEO dan Co-Founder, Warung Pintar.

Dengan mengedepankan otomasi di sistem operasional dan hubungan baik dengan para produsen maupun distributor consumer goods, mereka berusaha mengedepankan pelayanan terbaik dari segi biaya, ketersediaan stok, serta ketepatan dan kecepatan pengiriman. Menjawab kebutuhan warung, sambung Agung, Warung Pintar meluncurkan layanan Grosir Pintar yang saat ini telah memiliki lebih dari 200 mitra grosir.

"Dengan Grosir Pintar, warung dapat memilih untuk membeli barang dari mitra grosir sehingga pengiriman barang bisa dilakukan dalam waktu 1 hingga 3 jam saja. Layanan ini pun membantu memenuhi kebutuhan mendadak yang sering terjadi serta mempermudah kegiatan warung yang memiliki perputaran uang yang terbatas,” papar Agung.

Dorong Efisiensi
Berdasarkan hasil riset internal, inovasi supply chain yang diinisiasi oleh Warung Pintar menghasilkan efisiensi dari segi waktu, biaya, serta jaminan atas ketersediaan barang. Dengan berbelanja di Warung Pintar, para pemilik warung hanya memerlukan maksimal 43 menit untuk memesan barang, berbeda dengan saat berbelanja di pemasok lain yang dapat memakan waktu hingga lebih dari 1 jam.

Kini, klaim dia, pemilik warung juga hanya butuh sekitar 14 jam untuk menunggu pengiriman barang pesanan, bahkan cukup 2,5 jam dengan layanan pengiriman same-day Grosir Pintar. Dengan efisiensi waktu tersebut, para pemilik warung mengaku memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga.

Dari segi biaya, para pemilik warung menghemat rata-rata Rp62.000 karena tidak perlu bepergian untuk belanja secara offline. Harga barang yang ditawarkan oleh Warung Pintar pun tergolong kompetitif dibanding pemasok lain hingga 20% karena rantai distribusi yang lebih pendek dan transparan. Adapun dari segi ketersediaan barang, Warung Pintar mampu menghadirkan pemenuhan stok warung hingga 95% karena otomasi sistem yang memungkinkan Warung Pintar dalam melakukan antisipasi permintaan.

Efisiensi tersebut turut mendorong peningkatan kesejahteraan pemilik warung yang terdaftar di Warung Pintar. Sebanyak 16% Juragan tercatat memperoleh pendapatan di atas UMR dan 34% Juragan berhasil naik ke atas garis kemiskinan. Para pemilik warung pun mengaku mengalami peningkatan omset harian sebesar 20 hingga 34% dalam kurun waktu 1 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3876 seconds (0.1#10.140)