Aplikasi Identifikasi Burung, Kenali Lewat Suara Kicauan

Sabtu, 28 September 2024 - 20:00 WIB
loading...
Aplikasi Identifikasi...
Aplikasi Merlin Bird ID mampu mengidentifikasi jenis burung berdasarkan suara kicauannya. Foto/Field Museum
A A A
JAKARTA - Sebuah aplikasi identifikasi burung tercipta hanya dengan mengenali suara kicauannya. Aplikasi gratis ini tersedia untuk pengguna Android dan iOS dengan menganalisa nyanyian atau penampilan burung.

Laman SCMP melansir, Sabtu (28/9/2024) pengguna bisa memanfaatkannya dengan mengambil foto cepat atau merekam beberapa kicauan dan otomatis jenis burung akan dapat diketahui menggunakan aplikasiMerlin Bird ID.

Aplikasi ini dapat mengidentifikasi burung dengan cepat dan tepat berdasarkan foto, kicauan, dan karakteristik lainnya.

Merlin Bird ID dikembangkan oleh Cornell Lab of Ornithology, sebuah organisasi nirlaba di Cornell University di New York.



Untuk mengidentifikasi burung, aplikasi ini mengambil data dari Perpustakaan Macaulay. Terdapat sebuah arsip ilmiah yang berisi lebih dari 14 juta rekaman audio dan video sejarah alam serta foto.

Merlin Bird ID menawarkan berbagai metode untuk identifikasi burung, yaitu pengguna dapat menjawab pertanyaan, mengunggah foto burung, atau merekam nyanyiannya. Pendaftaran diminta tetapi tidak diperlukan. Misalnya, untuk mengunduh data tentang spesies burung yang asli di wilayah tertentu seperti Eropa Barat.



Namun, bahkan tanpa melakukan itu, pengguna masih dapat mengidentifikasi burung menggunakan rekaman. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna membuat daftar mereka sendiri untuk merekam spesies burung yang mereka temui.

Merlin Bird ID dapat membantu pengamat burung pemula dan berpengalaman menemukan dan mendokumentasikan dunia burung.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2357 seconds (0.1#10.140)