Barisan Perusahaan Teknologi yang Mau Jadi Pahlawan Penyelamat Huawei

Selasa, 03 November 2020 - 23:07 WIB
loading...
Barisan Perusahaan Teknologi yang Mau Jadi Pahlawan Penyelamat Huawei
Awal tahun lalu, Pemerintah AS melarang Huawei berbisnis dengan perusahaan Amerika. Artinya, perusahaan Amerika tidak dapat berbisnis dengan Huawei tanpa izin khusus. Foto/Giz China
A A A
SHENZHEN - Raksasa manufaktur China , Huawei , masih dalam tekanan Pemerintah Amerika Serikat . Mereka sekarang sedang berjuang untuk menyelamatkan bisnis smartphone-nya. (Baca juga: Trump Bisa Gigit Jari, Huawei Dikabarkan Bangun Pabrik Chipset Sendiri )

Namun, dengan banyaknya perusahaan yang kini mendapatkan lisensi untuk memasok Huawei, tampaknya masih ada harapan bagi pabrikan untuk tetap eksis.

Semuanya derita pabrikan dimulai dengan Pemerintah AS yang mengatakan 5G milik Huawei tidak aman. Mereka juga dituding punya hubungan serius dengan Pemerintah China. Meskipun Huawei membantah klaim ini dan meminta bukti, Presiden Donald Trump masih menjatuhkan sanksi kepada Huawei.

Larangan Pertama
Awal tahun lalu, Pemerintah AS melarang Huawei berbisnis dengan perusahaan Amerika. Artinya, perusahaan Amerika tidak dapat berbisnis dengan Huawei tanpa izin khusus. Rupanya, Huawei melakukan bisnis hanya dengan segelintir perusahaan dan mereka semua memiliki alternatif.

Smartphone Huawei tidak dapat menggunakan GMS dan ini adalah efek yang lebih buruk dari larangan tersebut. Sebagai tanggapan, Huawei meluncurkan Harmony OS (Hongmeng OS) dan HMS (Huawei Mobile Services). Meski larangan tersebut memengaruhi bisnis ponsel cerdas Huawei di Eropa, keuangannya masih stabil. Faktanya, Huawei menjadi pembuat smartphone terbesar secara global dengan larangan tersebut.

Larangan Kedua
Tak puas dengan dampak larangan Huawei, AS mengubah larangan tersebut. Kali ini, dipastikan perusahaan mana pun yang menggunakan teknologi Amerika tidak bisa bekerja untuk Huawei. Ini berarti bahwa itu akan memengaruhi bahkan perusahaan non-Amerika.

Akibat larangan ini, Huawei tidak dapat lagi memproduksi chip Kirin andalannya. Huawei hanya mendesain chip Kirin, pihak lain yang membuat SoC tersebut.

Pembuatan chipset Kirin ditangani oleh TSMC. Pembuat chip Taiwan tersebut menggunakan banyak teknologi Amerika. Ini berarti mereka tidak bisa lagi berfungsi untuk Huawei.

Sejak larangan tersebut berlaku efektif pada 15 September, banyak perusahaan mengajukan izin ke Departemen Perdagangan AS untuk memasok Huawei. Berikut adalah lima perusahaan teratas dengan lisensi untuk memasok Huawei:

1. AMD
AMD adalah salah satu perusahaan pertama yang mendapatkan lisensi untuk memasok Huawei. Hanya beberapa hari setelah pelarangan Huawei diberlakukan, terdapat laporan bahwa perusahaan ini telah memiliki lisensi.
Barisan Perusahaan Teknologi yang Mau Jadi Pahlawan Penyelamat Huawei

Pada 19 September, lima hari setelah larangan baru AS terhadap Huawei dimulai, ada sejumlah laporan tentang lisensi AMD.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1496 seconds (10.101#12.26)