Barisan Perusahaan Teknologi yang Mau Jadi Pahlawan Penyelamat Huawei

Selasa, 03 November 2020 - 23:07 WIB
loading...
A A A
Kemitraan Huawei dengan AMD telah sukses selama berbulan-bulan sekarang. Menurut transkrip konferensi antara Ross Seymore dan Forrest Norrod, VP AMD mengonfirmasi perusahaan telah memperoleh lisensi untuk memasok Huawei.

Untuk tujuan ini, larangan Huawei tidak akan berdampak signifikan pada bisnis AMD. Sejauh ini, kita tidak tahu apakah ada batasan terkait lisensi.

Menurut laporan, AMD tidak mendapatkan lisensi untuk memasok Huawei saja. Lisensinya mencakup sejumlah pabrikan China yang ada di daftar entitas. Namun, perseroan tidak mengungkapkan perusahaan yang boleh dipasok.

2. Intel
Sumber China yang mengetahui masalah tersebut mengatakan Intel telah menerima lisensi dari AS untuk terus berbisnis dengan Huawei. Ini berarti raksasa China tersebut akan dapat memesan chip dari Intel untuk perangkat kerasnya.
Barisan Perusahaan Teknologi yang Mau Jadi Pahlawan Penyelamat Huawei

Laman Giz China mengutarakan, Huawei kebanyakan menggunakan solusi Intel untuk bisnis laptop-nya. Dengan demikian, lisensi ini tidak akan berdampak pada bisnis smartphone yang semakin menipis.

3. TSMC
Pembuat chipset Taiwan ini mungkin adalah perusahaan terpenting yang dibutuhkan Huawei untuk menyelamatkan bisnis smartphone-nya. TSMC sejak larangan diberlakukan telah mengajukan izin kepada Pemerintah AS untuk terus memasok Huawei.

Menurut laporan terbaru, TSMC baru-baru ini mendapat persetujuan untuk berbisnis dengan Huawei. Namun, persetujuan tersebut membatasi bisnis hanya pada "teknologi matang". Hal ini menunjukkan lisensi yang diperoleh TSMC terutama mencakup produk yang diproduksi dengan teknologi yang matang.

Laporan tersebut tidak secara khusus menyebutkan SoC untuk ponsel. Lebih jauh, laporan itu juga tidak menyebutkan apa yang dimaksud dengan “teknologi matang”. Namun, secara umum diterima bahwa produk di atas node 28nm sudah matang. Proses seperti 16nm, 10nm, 7nm, dan 5nm terbaru adalah proses lanjutan.

Meski begitu, menurut standar saat ini, bisnis terminal konsumen Huawei masih akan menghadapi masalah kekurangan inti. Ini karena chip ponsel membutuhkan teknologi tinggi bukan hanya teknologi yang matang.

Huawei Kirin 9000 menggunakan proses 5nm TSMC, yang saat ini merupakan proses paling canggih. Jika laporan ini benar, maka TSMC hanya dapat membuat chip level awal untuk Huawei. Ini tidak akan memberikan pengaruh positif yang signifikan pada bisnis ponsel pintar Huawei.

4. Sony
Menurut laporan, raksasa manufaktur Jepang, Sony juga memiliki lisensi untuk memasok Huawei. Transaksi antara Huawei dan Sony ada di departemen kamera. Sony adalah salah satu pembuat sensor kamera terbaik di dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2031 seconds (0.1#10.140)