6 Fitur Keren AI Gemini Google di Ponsel Pixel 9 

Kamis, 15 Agustus 2024 - 12:00 WIB
loading...
6 Fitur Keren AI Gemini...
Terdapat 6 fitur keren AI Gemini Google yang bisa dinikmati di ponsel Google Pixel 9. Foto/Pocket-lint
A A A
JAKARTA - Lini ponsel Google Pixel 9 hadir dengan dukungan AI Gemini Google. Terdapat 6 fitur keren AI Gemini Google yang bisa dinikmati di ponsel Google Pixel 9.

Di acara Made By Google, Google memamerkan perangkat barunya, termasuk Pixel 9, Pixel 9 Pro, Pixel 9 Pro XL, dan Pixel 9 Pro Fold.

Ketika ponsel Pixel 8 diluncurkan, AI menjadi fokus utama, dan Google telah menggandakan fokus pada AI di model terbaru. Beberapa fitur baru tidak eksklusif untuk ponsel Pixel 9.

Misalnya, Google Assistant kini telah digantikan oleh Gemini Live, asisten suara AI yang dapat melakukan percakapan kompleks dan terdengar alami. Saat ini tersedia untuk pengguna Android yang bersedia membayar langganan Gemini Advanced dan akan hadir di iOS dalam waktu dekat.

Beberapa fitur baru terbaik yang didukung Gemini Google hanya tersedia di perangkat Pixel 9. Berikut lima aksi Gemini Google di ponsel Pixel 9 baru dilansir dari Pocket-lint, Kamis (15/8/2024) :

1. Gemini Live


Fitur obrolan suara baru ini mirip dengan ChatGPT Voice dan memungkinkan percakapan alami dengan asisten AI. Gemini Live tersedia di berbagai perangkat, termasuk Pixel, Samsung, dan ponsel Android lainnya, itulah sebabnya tidak ada dalam daftar fitur eksklusif Pixel ini.


2. Catatan Panggilan


Kemampuan Gemini untuk memahami apa yang pengguna katakan berguna dalam situasi lain. Salah satunya ketika melakukan panggilan telepon. Fitur baru pada ponsel Pixel 9 yang disebut Catatan Panggilan memungkinkan pengguna membuat transkrip tertulis dari panggilan telepon dengan semua teks dihasilkan oleh Gemini.

Selain transkrip lengkap, Catatan Panggilan juga menghasilkan ringkasan detail utama dari panggilan tersebut.

Pemrosesan dilakukan di perangkat, sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang data sensitif meninggalkan ponsel untuk diproses di cloud. Selain transkrip lengkap, Catatan Panggilan juga menghasilkan ringkasan detail utama dari panggilan tersebut.

Catatan Panggilan tidak berfungsi secara default sehingga pengguna perlu mengaktifkannya untuk panggilan, yang kemudian akan memberi tahu semua orang dalam panggilan bahwa isi panggilan sedang ditranskripsikan. Pengguna kemudian dapat memilih panggilan apapun yang telah ditranskripsikan dalam riwayat panggilan.

Pengguna juga bisa melihat ringkasan yang dihasilkan Gemini, serta transkrip lengkap. Menu ini memudahkan menemukan informasi seperti alamat dan nomor telepon.

3. Pixel Weather


Laporan prakiraan cuaca disesuaikan atau dipersonalisasi dari aplikasi Cuaca Pixel. Fitur ini untuk memeriksa cuaca di ponsel secara lebih sederhana.

Sebagian besar aplikasi Pixel Weather terlihat familiar. Dibuat dengan grafik besar berisi suhu dan kondisi cuaca saat ini. Prakiraan cuaca dibuat per jam sehingga dapat melihat bagaimana cuaca akan berubah sepanjang hari, dan ramalan 10 hari yang lebih panjang sehingga pengguna dapat melihat cuaca mendatang.

Perbedaan aplikasi Pixel Weather dengan Gemini Nano untuk menghasilkan laporan cuaca yang dipersonalisasi berdasarkan informasi dari aplikasi. Personalisasi bisa digunakan agar informasi spesifik untuk lokasi pengguna secara tepat, sehingga laporan cuaca masing-masing pengguna akan berbeda untuk orang lain yang tidak berbagi lokasi.

Cara personalisasinya dengan menggulir ke bawah hingga melihat pilihan kotak yang menampilkan informasi seperti kualitas udara saat ini, visibilitas, kecepatan angin, tingkat curah hujan, indeks UV, kelembaban, dan banyak lagi. Lalu, seret kotak-kotak ini sehingga informasi yang paling penting mudah diakses.


4. Tangkapan Layar


Temukan informasi dengan cepat menggunakan Tangkapan Layar Pixel Gemini. Caranya dengan menandai tangkapan layar pengguna sehingga lebih mudah dicari.

Penggunaan lain dari Gemini Nano pada ponsel Pixel berupa aplikasi Tangkapan Layar Pixel yang baru. Cara ini meningkatkan tangkapan layar untuk menjadikannya sederhana namun efektif dalam mengingat ide atau informasi.

Saat pengguna mengambil tangkapan layar, Gemini menganalisis konten gambar yang ditangkap dan menghasilkan tag yang memudahkan pencarian tangkapan layar. Jika pengguna mengambil tangkapan layar resep, misalnya, dapat menemukan tangkapan layar hanya dengan mencari 'resep' di aplikasi.

Tangkapan Layar Pixel bahkan menyimpan informasi tentang dari mana tangkapan layar diambil, sehingga jika pengguna mengambil tangkapan layar produk, tangkapan layar akan menyertakan tautan ke situs web asli.

Pengguna dapat menambahkan catatan ke tangkapan layar untuk membantu menyegarkan ingatan dan menambahkan tangkapan layar ke grup untuk tetap teratur. Aplikasi ini juga dapat memberikan informasi dari konten dalam tangkapan layar. Misalnya, dalam demo Made By Google, pencarian untuk 'harga T-shirt' di aplikasi Tangkapan Layar Pixel tidak hanya menampilkan tangkapan layar T-Shirt yang memiliki informasi harga, tetapi juga menyertakan komentar yang memberikan harga T-shirt yang telah diekstrak dari gambar, sehingga tidak perlu mencari informasi tersebut sendiri.

5. Pixel Studio


Ponsel Pixel memiliki aplikasi khusus untuk menghasilkan gambar. Salah satu kemampuan AI generatif yang paling menghibur adalah kekuatan untuk membuat gambar dari prompt teks. Pixel Studio mampu membuat gambar hampir semua hal hanya dalam beberapa detik.

Pengguna sudah dapat menghasilkan gambar menggunakan Gemini, tetapi ponsel Pixel 9 baru memberi pengguna aplikasi khusus untuk melakukan hal itu. Pixel Studio menggunakan model difusi on-device yang dikombinasikan dengan model teks-ke-gambar Imagen 3 Google yang berjalan di cloud.

Pengguna dapat menghasilkan gambar hanya dengan memasukkan prompt teks, dan gambar dibuat dalam hitungan detik. Pengguna juga dapat mengedit prompt untuk membuat perubahan pada gambar dan menggunakan pilihan gaya yang telah ditentukan seperti sinematik, kartun 3D, dan video game, untuk mengubah tampilan gambar.



Pengguna juga dapat menambahkan stiker dan teks ke gambar; dalam demo Made By Google, Pixel Studio digunakan untuk dengan cepat menghasilkan undangan pesta api unggun pantai hanya dalam satu menit atau lebih.

Rasanya sangat mirip dengan aplikasi Image Playground yang akan muncul di iOS 18, meskipun ada beberapa perbedaan, dengan alat pembuatan gambar Apple dapat menghasilkan emoji khusus.

6. Fitur Tambahkan Saya


Sisipkan gambar diri ke dalam foto grup menggunakan Tambahkan Saya. Fitur Tambahkan Saya yang baru pada ponsel Pixel bertujuan untuk menyelesaikan masalah ketika mengambil dua foto grup dan kemudian menggunakan AI untuk menjahitnya menjadi satu gambar.

Pengguna cukup mengambil foto pertama grup, lalu memastikan cukup ruang kosong dalam bidikan untuk area foto tambahan. Kemudian pakai Pixel 9 untuk memotret orang lain ke dalam bidikan di ruang kosong.

Fitur Tambahkan Saya yang baru pada ponsel Pixel bertujuan untuk menyelesaikan masalah ini dengan memungkinkan pengguna mengambil dua foto grup dan kemudian menggunakan AI untuk menjahitnya menjadi satu gambar.

Overlay dari gambar asli ditampilkan di layar, memungkinkan fotografer baru untuk menyelaraskan gambar. Setelah mereka mengambil foto kedua, fitur Tambahkan Saya akan menggunakan kecerdasan AI untuk menggabungkan foto menjadi satu gambar dan, seolah-olah pengguna memiliki foto grup yang menampilkan seluruh anggota.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)