Receh, Ketika Yakuza Curi Kartu Pokemon

Rabu, 29 Mei 2024 - 16:15 WIB
loading...
A A A


Tindakan Yakuza juga menyebabkan banyak anggotanya mengundurkan diri dan sebagian lagi bersembunyi. Namun dalam sebuah artikel baru-baru ini, kriminolog dan pakar Yakuza, Noboru Suetomi mengatakan para pimpinan Yakuza mendorong generasi muda untuk bergabung dengan kelompok khusus daripada organisasi kriminal tradisional.

Sedangkan Tokuryu yang tengah menjadi tren, anggotanya berulang kali dibentuk dan dibubarkan melalui media sosial. Mereka kerap melakukan penipuan, perjudian ilegal, prostitusi, dan kejahatan lainnya dari lokasi terpencil, bahkan seringkali di luar negeri.

Mereka merekrut sejumlah besar peserta yang tidak terhubung satu sama lain dan menugaskan mereka suatu peran tertentu. Mereka sering bekerja sama dengan Yakuza tradisional namun menginvestasikan pendapatan mereka pada bisnis ilegal. “Mereka menimbulkan ancaman terhadap keselamatan publik,” kata juru bicara Badan Kepolisian Nasional Jepang dalam pernyataannya.

Jumlah Tokuryu sulit diidentifikasi, namun medio 2021 dan 2023, lebih dari 10.000 orang dituduh melakukan penipuan, perdagangan narkoba, atau pemalsuan dokumen identitas. Pada April 2022, polisi menangkap 19 orang dari Kamboja yang direkrut secara anonim untuk menjalankan perusahaan telekomunikasi palsu, menipu pria lanjut usia Jepang melalui media sosial, dan melakukan perampokan besar-besaran.

Detektif pun mencermati tren Tokuryu sebagai bagian dari meningkatnya jumlah kasus penipuan media sosial. Publik berharap polisi perlu melakukan perubahan mendasar dalam memerangi kejahatan terorganisir untuk menanggapi ancaman baru, menyerukan reorganisasi dan kerja sama di seluruh departemen investigasi, mulai dari dunia maya hingga terkait perampokan dan penipuan.

Pada April 2024, polisi kemudian membentuk satuan tugas gabungan khusus menangani penipuan media sosial dan telepon untuk memperkuat tindakan pencegahan. Badan tersebut juga memperkuat upaya pengawasan terhadap pelaku remaja dan geng motor.

MG/Muhammad Rauzan Ranupane Ramadan
(msf)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)