7 Fakta Pokemon World Championship 2023 yang Akan Diikuti 7 Pemain Indonesia

Kamis, 13 Juli 2023 - 22:34 WIB
loading...
7 Fakta Pokemon World Championship 2023 yang Akan Diikuti 7 Pemain Indonesia
Suasana kompetisi Pokemon World Championship yang diikuti trainer Pokemon di seluruh dunia. Foto: Tech Radar
A A A
JAKARTA - Dunia esports semakin berkembang, tidak hanya fokus pada game MOBA atau battle royale. Tapi, juga permainan kartu Pokemon yang ternyata memiliki turnamen internasional dengan nama Pokemon World Championship. Turnamen tersebut akan digelar pada Agustus 2023 mendatang.

Pokemon World Championships merupakan salah satu cabang ‘olahraga’ yang paling dinantikan oleh para pencinta Pokemon. Ini adalah kompetisi Pokemon Trading Card Game (TCG) atau Pokémon Game Kartu Koleksi.

Tidak tanggung-tanggung, Indonesia akan mengirimkan 7 perwakilannya pada ajang internasional bergengsi ini. Untuk mengenal turnamen internasional yang unik tersebut, simak 7 fakta Pokemon World Championships dan cabang kompetisi Pokemon TCG:

1. Sudah Ada Sejak 2004

Pokemon World Championships sudah diselenggarakan sejak 19 tahun lalu, tepatnya di Orlando, Florida. Pada saat itu, satu-satunya cabang permainan yang dipertandingkan hanya Pokemon Game Kartu Koleksi, karena kartu Pokemon sangat populer kala itu. Pada tahun-tahun berikutnya, Pokemon mulai membuat turnamen untuk cabang-cabang lainnya seperti Pokemon GO, Pokemon UNITE, serta video game Pokemon Scarlet dan Pokemon Violet, yang akan dipertandingkan dalam Pokémon World Championship 2023.

2. Ajang Eksklusif yang Harus Melalui Jalur Undangan

Kejuaraan Dunia Pokemon merupakan turnamen internasional yang pesertanya hanya bisa ikut lewat jalur undangan. Sistem undangan ini memungkinkan untuk menyaring pemain dengan prestasi terbaik di ajang turnamen sebelumnya, atau punya peringkat kemenangan tertentu yang ditentukan oleh sistem pengumpulan poin (CSP). Hal ini bertujuan untuk memastikan pertandingan dalam kejuaraan dunia Pokemon ini benar-benar menghadirkan para pemain terbaik dari seluruh dunia.

3. 2023 Jadi Tahun Pertama Indonesia Mengirim Perwakilan

Untuk pertama kalinya, Indonesia mengirimkan tujuh wakil terbaik untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia Pokemon Trading Card Game (TCG) atau Pokemon Game Kartu Koleksi ini.

4. Perwakilan Indonesia Terlebih Dahulu Berkompetisi di Tingkat Nasional

Sebelumnya, para trainer Pokemon yang akan diberangkatkan telah berhasil jadi pengumpul point CSP terbanyak. Itu akumulasi dalam rangkaian turnamen resmi kartu Pokemon sepanjang 2022-2023 dan juga Championship Indonesia 2023 pada Mei lalu.

Kemenangan demi kemenangan dalam event tersebut menjadi tiket untuk mengikuti Kejuaraan Dunia Pokemon TCG di Pokemon World Championship 2023 di Yokohama, Jepang.

5. Antusiasme dan Prestasi Trainer Pokémon Indonesia Miliki Potensi Besar

Tujuh perwakilan Indonesia menunjukkan antusiasme pecinta Pokemon Indonesia dan potensi para pemainnya untuk bersaing di tingkat internasional. “Saya sangat bangga meraih kesempatan untuk ikut bertanding di ajang Pokemon World Championships 2023,” ujar Adya, salah satu pemain Pokémon TCG yang nantinya bertanding di Pokémon World Championships 2023 dalam keterangan resmi.

“Ini adalah bukti nyata bahwa hobi bisa menjadi prestasi, dan komunitas Pokemon di Indonesia. Semoga ini menjadi langkah awal bagi pemain Indonesia untuk menjadi pemenang dalam Kejuaraan Dunia Pokemon,” tambahnya.

6. Bisa Memenangkan Hadiah Puluhan Ribu Dolar
7 Fakta Pokemon World Championship 2023 yang Akan Diikuti 7 Pemain Indonesia

Selama kompetisi di Pokemon World Championships 2023, para trainer Pokemon Indonesia akan berhadapan dengan pemain terbaik dari berbagai belahan dunia. Para peserta turnamen akan berjuang memperebutkan gelar juara dunia, uang tunai puluhan ribu dolar, dan merchandise eksklusif Pokemon. Tidak hanya itu saja, para pemenang akan mendapatkan undangan eksklusif untuk kembali bertanding di kejuaraan dunia Pokemon di tahun berikutnya.


7. Menjadi Kejuaraan Dunia Pokémon Pertama di Benua Asia

Tahun ini menjadi kebanggaan untuk Asia, karena untuk pertama kalinya Pokemon World Championship diadakan di Jepang. Acara ini diselenggarakan selama 3 hari, mulai dari 11 sampai 13 Agustus 2023. Nantinya, turnamen ini tidak hanya dapat disaksikan secara langsung, tetapi para penggemar juga bisa menyaksikan secara streaming lewat berbagai kanal media sosial.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1258 seconds (0.1#10.140)