Aktris Scarlett Johansson Kesal Suaranya Dipakai OpenAI Tanpa Izin

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:43 WIB
loading...
A A A
"Kami memilih aktor suara di balik suara Sky sebelum menjangkau Johansson. Untuk menghormati Johansson, kami telah berhenti menggunakan suara Sky di produk kami. Kami mohon maaf kepada Johansson bahwa kami tidak berkomunikasi lebih baik.”

Meskipun "Sky" telah menjadi salah satu asisten suara di ChatGPT sejak September 2023, GPT-4o, yang diumumkan perusahaan minggu lalu, membawa segalanya selangkah lebih maju.

Perusahaan mengatakan bahwa model baru ini lebih dekat dengan "interaksi manusia-komputer yang jauh lebih alami" dan mendemonstrasikan para eksekutifnya melakukan percakapan yang hampir seperti manusia dengan asisten suara di ChatGPT.

Tentu saja, fitur terbaru GPT-4o tersebut dibanding-bandingkan dengan Samantha. Yakni, asisten suara virtual yang diperankan oleh Johansson dalam film Her pada 2013 yang memiliki hubungan intim dengan manusia.

OpenAI menyebut bahwa mereka menghentikan penggunaan "Sky" di ChatGPT dan merilis postingan panjang yang mengungkapkan bagaimana perusahaan mempekerjakan aktor suara profesional untuk membuat asisten virtual mereka sendiri, dan menyangkal adanya kesamaan dengan suara Johansson.



"Kami percaya bahwa suara AI seharusnya tidak sengaja meniru suara khas seorang selebriti - suara Sky bukanlah tiruan dari Scarlett Johansson tetapi milik aktris profesional lain yang menggunakan suara alaminya sendiri," tulis OpenAI.

Meski demikian, Johansson mengkritik keras langkah OpenAI. “Di saat kita semua bergulat dengan deepfake dan perlindungan terhadap kemiripan kita sendiri, pekerjaan kita sendiri, identitas kita sendiri, saya berharap ada pengesahan undang-undang yang sesuai untuk membantu memastikan bahwa hak individu dilindungi,” terangnyapanjanglebar.
(dan)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)