Aktris Scarlett Johansson Kesal Suaranya Dipakai OpenAI Tanpa Izin

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:43 WIB
loading...
Aktris Scarlett Johansson Kesal Suaranya Dipakai OpenAI Tanpa Izin
Scarlett Johansson menyebut OpenAI menggunakan suara dan ciri khasnya tanpa izin untuk asisten suara Sky. Foto: AP/Manuel Balce Ceneta
A A A
JAKARTA - Aktris Scarlett Johansson sedang kesal dengan OpenAI. Sebab, ia menuduh OpenAI menggunakan suaranya untuk salah satu asisten suara di ChatGPT.

Padahal, Johansson telah menolak memberikan izin kepada perusahaan untuk melakukannya.

Pernyataan Johansson pada Senin kemarin muncul beberapa jam setelah OpenAI mengatakan bahwa perusahaan tersebut tidak akan lagi menggunakan suara yang mirip Johansson di ChatGPT. Namun, tidak memberikan alasan mengapa.

"September lalu, saya menerima tawaran dari Sam Altman, yang ingin mempekerjakan saya untuk menyuarakan sistem ChatGPT 4.0 saat ini," tulis Johansson dalam pernyataan yang dibagikan oleh tim humasnya dengan Engadget (NPR pertama kali melaporkan cerita tersebut).

“Dia mengatakan kepada saya bahwa dia merasa dengan saya menyuarakan sistem, saya dapat menjembatani kesenjangan antara perusahaan teknologi dan kreatif dan membantu konsumen merasa nyaman dengan perubahan seismik mengenai manusia dan AI,” ungkapnya.

Altman juga menyebut bahwa suara Johansson akan menghibur orang. Johansson menambahkan bahwa dia menolak tawaran itu setelah "banyak pertimbangan dan untuk alasan pribadi,".

Namun, ketika OpenAI mendemonstrasikan GPT-4o, model bahasa besar terbaru perusahaan minggu lalu, "teman-teman saya, keluarga, dan masyarakat umum semuanya memperhatikan betapa banyak sistem terbaru bernama 'Sky' terdengar seperti saya,” tuturnya.

Bahkan, ketika Johansson melihat demo terbaru OpenAI, dia sendiri mengaku "terkejut, marah dan tidak percaya bahwa Altman akan mengejar suara yang terdengar sangat mirip dengan saya sehingga teman terdekat saya bahkan outlet berita tidak dapat membedakannya."

Dia juga mengungkapkan bahwa Altman telah menghubungi agennya hanya dua hari sebelum perusahaan mengungkapkan GPT-4o dan memintanya untuk mempertimbangkan kembali, tetapi tetap merilis sistem sebelum dia sempat merespons.

"Suara Sky bukanlah suara Scarlett Johansson, dan tidak pernah dimaksudkan untuk menyerupai suaranya," kata juru bicara OpenAI dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke Engadget.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2053 seconds (0.1#10.140)
pixels