China Ciptakan Kaset yang Punya Kapasitas Setara 15.000 DVD

Jum'at, 15 Maret 2024 - 19:39 WIB
loading...
China Ciptakan Kaset yang Punya Kapasitas Setara 15.000 DVD
Kase Setara 15.000 DVD. FOTO/ SCIENCE ALERT
A A A
BEIJING - Para ilmuwan di China kembali menghadirkan gebrakan dalam inovasi teknologi. Kali ini mereka berhasil menciptakan sebuah disk atau kaset yang memiliki kapasitas super besar, yakni setara dengan 15.000 DVD.



Untuk diketahui, DVD dan Blu-ray standar hanya dapat menyimpan file hingga 25GB saja, sebagaimana dilansir dari Live Science pada Jumat (15/3/2024). Artinya inovasi ini merupakan terobosan yang sangat luar biasa.

Kaset ini dibuat berdasarkan bahan yang disebut AIE-DDPR. Dikatakan bahwa AIE-DDPR kepadatan penyimpanan jauh lebih tinggi dibandingkan platform lainnya, bahkan hard disk drive (HDD) yang dapat menampung hingga 16TB.

Untuk memungkinkan penulisan skala nano, merekam informasi pada disk optik pada tingkat molekuler, AIE-DDPR terdiri dari dua bahan kimia yang disebut 2-isopropylthioxanthone (ITX) dan dipentaerythritol penta-acrylate (DTPA).

ITX adalah fotoinisiator yang efisien, karena ia bereaksi ketika terkena cahaya, seperti sinar laser. Sementara DTPA adalah monomer, molekul kecil dengan fotosensitifitas tinggi, yang berarti ia bereaksi kuat terhadap cahaya.

Jika keduanya digabungkan untuk memungkinkan lebih banyak informasi disimpan dengan lebih padat dibandingkan sebelumnya. Untuk pembacaan skala nano, bahan kimia yang disebut hexaphenylsilole (HPS) dan bahan baru yang disebut AIE luminogens (AIEgens) dimasukkan ke dalam film.

Kaset AIE-DDPR berpotensi merevolusi penyimpanan data. Pasalnya ia memakan lebih sedikit ruang dibandingkan metode penyimpanan saat ini, lebih ramah lingkungan, dan lebih murah dibandingkan susunan penyimpanan data.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)