Lebih Canggih Mana: ChatGPT, Microsoft Copilot atau Gemini?

Sabtu, 10 Februari 2024 - 22:00 WIB
loading...
A A A
GPT-4 menjadi LLM terbaik dibandingkan chatbot AI lainnya dan dilatih dengan data hingga April 2023. Chatbot ini dapat mengakses internet, didukung oleh Microsoft Bing. GPT-4 diklaim memiliki lebih dari 100 triliun parameter; GPT-3.5 memiliki 175 miliar parameter. Lebih banyak parameter pada dasarnya berarti bahwa model ini dilatih dengan lebih banyak data, yang membuatnya lebih mungkin menjawab pertanyaan secara akurat dan kurang rentan terhadap halusinasi.

Model GPT-4 melalui langganan ChatGPT Plus ini juga menjawab pertanyaan matematika dengan benar, karena ia memahami konteks masalah secara menyeluruh.



Sedangkan Microsoft Copilot yang sebelumnya bernama Bing chat menjadi alat untuk mengakses GPT-4 secara gratis, karena terintegrasi ke dalam format Bing baru.

Berbeda dengan versi gratis ChatGPT, yang terbatas menjadi alat AI yang menghasilkan teks dalam gaya percakapan dengan informasi yang mencapai awal 2022, Copilot dapat mengakses internet untuk memberikan informasi lebih mutakhir, lengkap dengan tautan untuk sumbernya.

Copilot didukung oleh GPT-4, LLM OpenAI, dan benar-benar gratis untuk digunakan. Sayangnya, terbatas pada lima respons dalam satu percakapan, dan hanya dapat memasukkan hingga 2.000 karakter dalam setiap prompt.

Antarmuka pengguna Copilot tidak sebagus ChatGPT, tetapi mudah untuk dinavigasi. Meskipun Bing Chat dapat mengakses internet untuk memberikan hasil lebih mutakhir daripada ChatGPT, ternyata lebih rentan terhadap kesulitan memberikan balasan dan secara keseluruhan melewatkan prompt daripada pesaingnya.

Melalui serangkaian upgrade ke platformnya, Microsoft menambahkan fitur visual ke Copilot, sebelumnya Bing Chat. Copilot juga dapat membuat gambar. Berikan deskripsi kepada Copilot tentang bagaimana ingin gambar tersebut terlihat, dan biarkan chatbot menghasilkan empat gambar untuk dipilih. Microsoft Copilot juga menampilkan gaya percakapan yang berbeda.

Chatbot terakhir, Gemini dari Google, sebelumnya dikenal sebagai Bard, yang menggunakan LLM berbeda dan telah mengalami beberapa upgrade yang cukup besar dalam beberapa bulan terakhir. Gemini lebih cepat dalam menjawab pertanyaan secara akurat meski tidak lebih cepat dari ChatGPT Plus, tetapi bisa lebih cepat memberikan respon daripada Copilot.

Gemini juga tidak terbatas dalam merespons. Pengguna bisa memiliki percakapan panjang dengan Gemini Google, tetapi Bing terbatas pada 30 balasan dalam satu percakapan. Bahkan ChatGPT Plus membatasi pengguna hingga 40 pesan setiap tiga jam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2624 seconds (0.1#10.140)