Gemini AI Dipastikan Akan Hadir dalam Versi Smartphone Android

Minggu, 10 Desember 2023 - 16:01 WIB
loading...
Gemini AI Dipastikan Akan Hadir dalam Versi Smartphone Android
Google resmi luncurkan Gemini, kecerdasan buatan yang dirancang untuk kalahkan GPT-4 OpenAI. FOTO/ THE VERGE
A A A
NEW YORK - Teknologi kecerdasan buatan milik Google , Gemini AI segera hadir di smartphone Android. Perusahaan dilaporkan akan menghadirkannya di perangkat yang berbasis sistem operasi Android 14.



Seperti dilansir dari SamMobile, Minggu (10/12/2023), Google juga telah berbicara tentang bagaimana layanan AI-nya hadir di smartphone yang ditenagai Tensor G3 Google, MediaTek, System LSI Samsung, dan Qualcomm.

Raksasa teknologi asal AS tersebut mengatakan akan segera mengumumkan dukungan untuk lebih banyak perangkat dan kemitraan dengan lebih banyak mitra, meski belum jelas kapan jadwal peluncurannya.

Meskipun perusahaan tidak mengungkapkan banyak hal, sepertinya Gemini AI dapat berjalan pada chip smartphone andalan modern, termasuk Dimensity 9300, Exynos 2400, dan Snapdragon 8 Gen 3. Kita tunggu saja.

Untuk diketahui, Gemini AI sendiri hadir dalam tiga versi, yakni Gemini Ultra, Gemini Pro, dan Gemini Nano. Gemini Ultra adalah yang paling kuat dan membutuhkan web agar dapat berfungsi, dan Google mengklaim kinerjanya lebih baik daripada GPT-4.

Sementara gemini Pro hadir untuk mendukung Google Bard. Sedangkan Gemini Nano adalah versi lebih kecil yang dapat dijalankan di perangkat. Gemini Nano kini memperkuat beberapa fitur di smartphone Pixel 8 Pro.

Misalnya, aplikasi Perekam Suara kini menawarkan fitur peringkasan bahkan tanpa koneksi internet. Jadi, rekaman suara percakapan dan wawancara bisa dirangkum meski Pixel 8 Pro tidak terkoneksi internet.

Gemini Nano juga mendukung fitur Balasan Cerdas Gboard, yang kini dapat diuji dengan WhatsApp. Ia mengetahui konteks obrolan dan menyarankan balasan berkualitas tinggi. Fitur ini akan segera hadir di lebih banyak aplikasi perpesanan.

Seri Galaxy S24 dikabarkan akan ditenagai oleh prosesor Exynos 2400 dan Snapdragon 8 Gen 3. Karena Gemini Nano dapat berjalan di perangkat yang didukung oleh chip ini, kemungkinan besar mereka akan menawarkan fitur AI serupa.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4990 seconds (0.1#10.140)