Ilmuwan China Ciptakan Pengisi Daya Nirkabel di Bawah Kulit

Minggu, 24 Desember 2023 - 13:39 WIB
loading...
A A A
Pada tikus, implan nirkabel bekerja hingga 10 hari dan larut sepenuhnya dalam waktu dua bulan – membuktikan kemampuan implan tersebut untuk terurai secara alami. Namun hal ini berpotensi bertahan lebih lama jika tim mengentalkan lapisan polimer pelindung dan lilin yang membungkus sistem, kata Lan.
Ilmuwan China Ciptakan Pengisi Daya Nirkabel di Bawah Kulit


Para peneliti juga menguji pengisi daya nirkabel sebagai sistem pengiriman obat dan memberikan obat anti-inflamasi kepada tikus yang demam. Setelah 12 jam, tikus yang tidak memiliki implan memiliki suhu tubuh yang jauh lebih tinggi dibandingkan tikus yang menggunakan chip, menunjukkan bahwa perangkat tersebut berhasil memberikan obat.

Namun prototipe baru ini perlu mengatasi beberapa rintangan sebelum siap diuji pada manusia. Dalam percobaan pemberian obat, beberapa tikus juga diberi implan tanpa muatan yang dicampur dengan obat antiperadangan – dan suhu tubuh mereka turun, yang menunjukkan adanya pelepasan obat secara pasif.



Tim juga belum menguasai menghidupkan atau mematikan perangkat, jadi perangkat itu berhenti bekerja hanya ketika kehabisan daya. Penelitian di masa depan juga perlu mempertimbangkan ukuran perangkat dan kemampuan terurai secara alami.

“Saat ini, ukuran sistemnya masih relatif besar dan berisi modul penyearah kecil (yang mengubah antara AC dan DC), dan stabilitasnya perlu lebih ditingkatkan. Masih ada jarak tertentu untuk mencapai aplikasi biomedis yang nyata,” kata Lan.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2291 seconds (0.1#10.140)