Pahlawan Telekomunikasi Gaza, Bertaruh Nyawa di Bawah Ancaman Bom Israel

Rabu, 22 November 2023 - 11:43 WIB
loading...
A A A
Saat Rabih dan timnya bekerja selama dua jam untuk memperbaiki kabel, desingan pesawat tak berawak di atasnya dan suara tembakan muncul di mana-mana. "Setiap gerakan yang salah bisa berarti menjadi target. Saya tidak bisa menjelaskan kepada istri dan anak-anak saya mengapa saya melakukannya atau mengapa saya rela keluar selama perang. Perusahaan saya tidak memaksa saya, tetapi jika ada yang bisa melakukannya, harus saya," katanya.

Staf di Tepi Barat menyaksikan rekan-rekan mereka di Gaza dengan napas tertahan, enggan meminta mereka memeriksa peralatan yang rusak, karena tahu bahwa perjalanan perbaikan sederhana bisa mengorbankan nyawa.

Staf yang berbasis di Gaza tidak diwajibkan untuk pergi ke lapangan, tetapi sebagian besar dengan antusias bersedia menjadi relawan meskipun risikonya kehilangan nyawa. "Sangat sulit menelepon rekan-rekan saya yang sedang di bawah bombardir dan meminta mereka keluar. Saya takut bahwa jika salah satu dari mereka terluka, saya tidak akan pernah memaafkan diri saya sendiri," kata Mohammed (nama samaran), pekerja di Pusat Operasi Jaringan di Tepi Barat.

Peran Mohammed di Pusat Operasi Jaringan di Tepi Barat untuk memantau masalah dalam jaringan, meminta pekerja menjadi relawan guna memperbaikinya, dan tetap berkomunikasi untuk memberikan umpan balik tentang perbaikan. Panggilan tersebut sangat menegangkan, dan baik Mohammed maupun pekerja di Gaza menginginkan perbaikan di lapangan diselesaikan secepat mungkin. "Saya tidak bisa membayangkan bagaimana orang-orang ini memiliki keberanian untuk keluar. Mungkin jika saya ada di sana, saya tidak akan melakukannya. Saya tidak tahu apakah saya akan melakukannya," kata Mohammed.

Di bawah kekuasaan Israel


Tidak peduli seberapa dalam mereka menggali atau berapa banyak panel surya yang dipasang, koneksi Gaza dengan dunia luar pada akhirnya bergantung pada Israel. Kabel-kabel yang menghubungkan Gaza dengan dunia luar melewati Israel, dan zionis setidaknya dua kali sengaja memutus komunikasi internasional.

"Bagi kami jelas bahwa itu diputuskan. Yang membuktikannya adalah bahwa kami tidak melakukan apa-apa untuk mendapatkannya kembali," kata CEO PalTel Abdul Majeed Melhem.

Israel juga mengendalikan pasokan bahan bakar ke Gaza, mengizinkan sedikit pasokan setelah muncul banyak tekanan dari dunia internasional. Disebut sebagai setetes dalam ember oleh kelompok kemanusiaan, Israel mengumumkan bahwa 120.000 liter (31.700 galon) bahan bakar akan diizinkan masuk ke Gaza setiap dua hari untuk digunakan oleh rumah sakit, pabrik roti, dan layanan penting lainnya.

PalTel juga akan diberi 20.000 liter (5.283 galon) bahan bakar setiap dua hari untuk generatornya. Sebelumnya, PalTel telah mengumumkan akan mengalami pemadaman telekomunikasi penuh karena cadangan bahan bakarnya habis untuk pertama kalinya selama perang saat ini.

Menurut Mamoon Fares, direktur dukungan korporat di PalTel, 20.000 liter yang disediakan seharusnya cukup untuk mengoperasikan sebagian besar jaringan. Namun, jaringan telekomunikasi Gaza masih akan berada di bawah kekuasaan Israel jika memutuskan untuk menghentikan pengiriman bahan bakar atau layanan jaringan yang melewati wilayahnya.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)