Bosan dengan Google Chrome, Coba 9 Browser Terbaik Ini

Sabtu, 23 September 2023 - 19:10 WIB
loading...
Bosan dengan Google Chrome, Coba 9 Browser Terbaik Ini
Google Chrome dan Microsoft Edge bukan satu-satunya browser untuk komputer. (Foto: Pcworld.com)
A A A
JAKARTA - Google Chrome dan Microsoft Edge bukan satu-satunya browser untuk komputer. Jika bosan dengan dua browser tadi, coba browser terbaik yang juga dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang cerdas.

Berikut deretan browser terbaik dengan fitur-fitur baru yang menarik dikutip dari Pcworld.com, Sabtu (23/9/2023).

1. Brave

Browser ini fokus pada privasi untuk melindungi penggunanya. Misalnya, versi terbaru menyertakan fitur Forgetful Browsing. Hal ini memastikan bahwa pengguna secara otomatis keluar dari situs web ketika menutup tab.

Brave kini juga memungkinkan pencarian dengan mesinnya sendiri, jadi tidak perlu khawatir dengan pemantauan Google. Seperti Microsoft Edge dan Google Chrome, Brave dibangun di atas Chromium. Ini memungkinkan pengguna menelusuri halaman web dengan nyaman. Para pencetus Brave, termasuk Brendan Eich merupakan salah satu orang di balik browser Firefox dan bahasa pemrograman Javascript.



2. DuckDuckGo

Varian browser ini kebih dari sekadar layanan pencarian. Duckduckgo dirancang sebagai mesin pencari yang menantang Google dan Bing sekaligus memiliki browser sendiri untuk ponsel.

Sejak musim panas lalu, browser ini juga tersedia untuk Windows. Browser ini memiliki layanan pencarian DuckDuckGo bawaan, serta alat yang menampilkan klip YouTube tanpa pengawasan. DuckDuckGo juga memiliki fitur yang berguna untuk membersihkan jejak penelusuran web.

3. Firefox

Browser Firefox memiliki perlindungan yang lebih baik terhadap spam. Firefox menjadi pesaing terbesar di pasar browser yang fokusnya pada keamanan. Misalnya, versi terbaru memiliki perlindungan bawaan terhadap spam dan pelacakan email. Layanan yang disebut Firefox Relay ini memungkinkan pengguna membuat email, alamat virtual yang digunakan untuk mendaftar ke situs berisiko.

4. Librewolf

Seperti Firefox browser ini menjanjikan keamanan yang lebih baik terhadap privasi. Librewolf terlihat seperti Firefox dan menawarkan fungsi yang sama, tetapi yang dihapus adalah pengumpulan informasi. Lantaran Firefox dikritik karena mulai mengirimkan informasi ke pengembang Mozilla.

5. Tor

Browser ini terbilang paling aman karena secara acak menghubungkan lalu lintas terenkripsi antara server yang berbeda. Pemilik situs tidak melihat alamat IP para pengguna browser.

6. Mullvad

Tampilannya lebih halus dari Tor, namun penggunaannya agak rumit. Oleh karena itu, layanan VPN dari Swedia ini merilis versinya sendiri yang lebih mudah digunakan. Konsepnya, pengguna harus memanfaatkannya bersama dengan layanan VPN Mullvad, tetapi ini bukan suatu keharusan.



7. Vivaldi

Banyak fitur pintar peramban berbasis Chromium lainnya, Vivaldi hadir dengan pemblokir iklan bawaan, pemblokir pop-up, dan pemblokir pelacak untuk pengalaman penelusuran yang minimal.

Browser ini dirancang untuk orang-orang yang suka menjelajah dengan banyak tab terbuka, dan menawarkan fitur untuk menumpuk dan menyusun tab, serta membuat anotasi pada halaman web dan bookmark. Pengguna sekaligus dapat menggunakan ekstensi yang dikembangkan untuk Chrome dan Firefox.

8. CCleaner

Browser ini sekilas terlihat seperti Google Chrome, tetapi menjanjikan lebih sedikit pengawasan dan keamanan lebih. CCleaner juga merupakan nama program pembersih PC yang terkenal. Kedua alat tersebut kini menjadi bagian dari keluarga yang sama dengan perangkat lunak keamanan Avast.

9. Opera

Pemilik paten Opera dari Norwegia-Tiongkok mengeluarkan versi baru dengan fungsi AI (kecerdasan buatan) bawaan. AI ini disebut sebagai Aria yang dapat meringkas dan menerjemahkan halaman web. Namun, koneksi perusahaan di Tiongkok membuat banyak orang melihat masalah dalam penggunaannya dari sudut pandang keamanan.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2463 seconds (0.1#10.140)