10 Fakta World Wide Web yang Jarang Diketahui, Menjelajah ke Dalam Lapisan Digital

Selasa, 12 Desember 2023 - 09:06 WIB
loading...
10 Fakta World Wide Web yang Jarang Diketahui, Menjelajah ke Dalam Lapisan Digital
Banyak yang belum memahami cara kerja World Wide Web yang memang cukup rumit. Foto: ist
A A A
JAKARTA - World Wide Web (WWW) telah mengubah cara manusia hidup, bekerja, dan berinteraksi. WWW atau yang lebih dikenal sebagai web, telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari.

Sejak diciptakan oleh Sir Tim Berners-Lee pada tahun 1989, web telah mengalami perkembangan pesat dan mengubah cara berinteraksi, bekerja, dan mendapatkan informasi.
Di balik kemudahan akses informasi dan konektivitas global, terdapat fakta-fakta menarik tentang World Wide Web yang mungkin belum banyak diketahui.

Berikut 10 fakta menarik yang jarang diketahui, melibatkan perjalanan panjang evolusi web:

1. Bahasa Asli World Wide Web

Saat Tim Berners-Lee menciptakan World Wide Web pada tahun 1989, bahasa pemrograman yang digunakan adalah NeXTStep. Ini bukanlah bahasa yang biasanya digunakan untuk pengembangan web pada saat itu, dan pilihan ini memperlihatkan tantangan teknis dan kreativitas dalam menciptakan sesuatu yang revolusioner.

2. Web Bukan Hanya Tentang Grafik dan Teks

World Wide Web awalnya tidak hanya terdiri dari teks dan gambar. Tim Berners-Lee merancangnya untuk mencakup suara dan video. Namun, teknologi internet pada saat itu belum cukup maju untuk mendukung fitur-fitur ini sepenuhnya.

3. Pembatasan Awal pada Akses Publik
10 Fakta World Wide Web yang Jarang Diketahui, Menjelajah ke Dalam Lapisan Digital

Ketika World Wide Web pertama kali diakses secara publik pada tahun 1991, aksesnya tidak gratis. Pada awalnya, pengguna diharuskan membayar biaya untuk mengakses informasi di web. Konsep web yang gratis seperti yang kenal sekarang adalah hasil dari perkembangan dan kebijakan perusahaan-perusahaan penyedia layanan internet.

4. Peningkatan Grafis

Pada awalnya, web terdiri dari halaman-halaman statis dengan teks sederhana. Revolusi grafis dimulai dengan diperkenalkannya Mosaic pada tahun 1993, yang memungkinkan penambahan gambar ke dalam halaman web. Ini menjadi tonggak penting dalam perkembangan desain web.

5. Robot Pertama di Web
Sebelum mesin pencari modern, ada robot pertama di web yang disebut "World Wide Web Wanderer". Diciptakan oleh Matthew Gray pada tahun 1993, robot ini digunakan untuk mengukur ukuran web saat itu dan membuat indeks halaman-halaman tersebut.

6. Jumlah Situs Web yang Meningkat Pesat

Pada tahun 1993, hanya ada ser 130 situs web di seluruh dunia. Namun, pada tahun 1996, jumlahnya melonjak menjadi lebih dari 100.000 situs web. Pertumbuhan ini mencerminkan cepatnya adopsi dan pertumbuhan web sebagai media komunikasi dan bisnis.

7. Bahaya "404 Not Found"

Kode status HTTP 404 Not Found yang umum lihat saat mengunjungi halaman yang tidak ditemukan sebenarnya berasal dari kamar laboratorium CERN di Jenewa. Angka 404 dipilih secara acak sebagai kode untuk menunjukkan bahwa sumber daya yang diminta tidak dapat ditemukan.

8. Pengaruh Musim Semi

Meskipun banyak dari menganggap musim semi sebagai waktu untuk melihat bunga-bunga mekar, musim semi juga merupakan waktu yang penting dalam sejarah web. Pada tahun 1993 dan 1994, sejumlah besar situs web baru diresmikan pada musim semi.

9. Nama "World Wide Web" Pertama Kali Muncul

Istilah "World Wide Web" pertama kali muncul dalam sebuah proposal yang diajukan oleh Tim Berners-Lee pada bulan Maret 1989. Nama ini secara akurat mencerminkan visi global dari jaringan informasi yang ia bangun.


10. Pertumbuhan Besar-Besaran pada Era Dot-Com

Pada puncak era dot-com pada akhir 1990-an, saham perusahaan teknologi melejit di 1995, nilai pasar Microsoft mencapai USD100 miliar. Era ini memberikan dorongan besar bagi inovasi teknologi dan pengembangan web.

World Wide Web terus berkembang, memperluas cakupannya dan memberikan dampak yang mendalam pada kehidupan. Fakta-fakta yang jarang diketahui ini memberikan perspektif baru tentang sejarah dan kompleksitas evolusi web yang dinikmati saat ini.

Dengan terus memahami asal-usul dan perkembangan web, pengguna dapat lebih menghargai peran pentingnya dalam membentuk dunia digital yang tempati.

MG/Al Ghifari
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5744 seconds (0.1#10.140)