Meroket, Starlink Capai 4 Juta Pelanggan

Sabtu, 28 September 2024 - 15:05 WIB
loading...
Meroket, Starlink Capai...
Starlink mencatat sejarah baru dengan 4 juta pelanggan di seluruh dunia. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Jaringan internet satelit Starlink milik SpaceX mencatat sejarah baru dengan 4 juta pelanggan di seluruh dunia. Capaian ini berarti mereka mendapatkan satu juta pelanggan baru sejak akhir Mei saja.

"Minggu ini, kami akan melewati 4 juta pelanggan untuk Starlink," kata presiden perusahaan Gwynne Shotwell di rapat Komite Alokasi Rumah Negara bagian Texas dilansir dari Techcrunch.

Starlink mulai menyediakan layanan beta produknya pada Oktober 2020. Kemudian perusahaan berhasil mencapai 1 juta pelanggan pada Desember 2022, dua juta pelanggan pada September 2023, dan tiga juta pelanggan pada Mei 2024.

Layanan internet Starlink terdiri dari hampir 6.000 satelit, dengan jangkauan di 100 negara untuk pengguna individu serta pelanggan perusahaan besar seperti maskapai penerbangan utama dan perusahaan pelayaran. Menurut firma riset dan konsultan industri Quilty Space, layanan ini menghasilkan USD6,6 miliar tahun ini, meningkat dari sekitar USD1,4 miliar hanya dua tahun sebelumnya.



Starlink adalah bagian dari rencana besar SpaceX untuk menjelajahi ruang angkasa. Meskipun perusahaan terus mengumpulkan uang dari investor, CEO Elon Musk mengatakan pendapatan dari layanan internet broadband akan membantu mendanai pengembangan lebih lanjut roket yang dapat digunakan kembali, Starship.



Pada gilirannya, mewujudkan Starship akan membantu perusahaan meluncurkan lebih banyak satelit Starlink dengan kecepatan yang lebih besar.

Starlink telah bermetamorfosa menjadi raksasa internet satelit. Sejak memulai layanan, ia telah mengambil pangsa pasar dari pemain lama seperti Viasat dan SES, yang mengoperasikan satelit besar di orbit geosinkron yang lebih tinggi. Ada beberapa konstelasi lain yang sedang dikembangkan, terutama Project Kuiper milik Amazon, tetapi mereka belum memulai layanan komersial.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)