Opera Kenalkan Asisten Browser AI Aria Bertenaga ChatGPT

Senin, 29 Mei 2023 - 14:13 WIB
loading...
Opera Kenalkan Asisten Browser AI Aria Bertenaga ChatGPT
Salah satu web browser populer, Opera, baru-baru ini juga menyematkan Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang diberi nama Aria. Foto/Techcrunch
A A A
WASHINGTON - Salah satu web browser populer, Opera , baru-baru ini juga menyematkan Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang diberi nama Aria ke layanannya. Kecerdasan buatan ini telah ditenagai oleh ChatGPT besutan OpenAI yang super canggih.

Dengan adanya Aria, Opera memastikan setiap pengguna bisa lebih mudah menemukan beragam informasi di web, menghasilkan teks atau kode, atau menjawab pertanyaan pengguna. Sebagaimana dihimpun dari TechCrunch, Senin (29/5/2024), Opera mengatakan Aria didasarkan pada infrastruktur "Komposer".

Aria juga terhubung ke teknologi GPT OpenAI dan ditingkatkan dengan kemampuan menambahkan hasil langsung dari web. Aria juga dapat menjawab pertanyaan tentang Opera itu sendiri.



Perusahaan mengatakan bahwa AI telah memiliki pengetahuan tentang seluruh database dokumentasi dukungan browser. Opera juga mengklaim bahwa Aria adalah layanan gratis dengan informasi terkini.

Meski masih dalam tahap akses awal, Aria Opera telah diluncurkan ke lebih dari 180 negara. Pengguna yang ingin mencoba Aria bisa langsung Opera One versi terbaru di PC.

Sementara bagi pengguna Android dapat menguji Aria di browser versi beta terbaru. Sebagai penguji, pengguna harus memiliki akun Opera terlebih dahulu untuk mengakses Aria.

Sekedar informasi, bulan April lalu pihak perusahaan meluncurkan Opera One. Mereka menyebut browser ini memiliki elemen yang membuatnya siap menyongsong masa depan berbasis AI generatif.



Sidebar baru pada browser sekilas agak mirip dengan fitur yang diperkenalkan Microsoft di Edge. Pada Maret lalu Microsoft telah lebih dulu menyematkan chatbot Bing AI di sidebar web browser Edge mereka.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2315 seconds (0.1#10.140)