5 Hacker Paling Berbahaya di Dunia, dari Anonymous hingga LockBit

Rabu, 17 Mei 2023 - 18:56 WIB
loading...
A A A
Tidak ada yang tahu mengapa identitas lengkapnya tidak pernah terungkap, tetapi belakangan diketahui bahwa kata 'ASTRA' adalah kata Sansekerta untuk 'senjata'.

5. LockBit

LockBit merupakan grup ransomware yang pada tahun 2023 ini terus mendapat sorotan. LockBit sangat aktif dalam menerapkan model seperti pemerasan ganda, afiliasi broker akses awal, dan beriklan di forum peretas.

Beberapa waktu lalu, LockBit sukses meretas St. Marys, Ontario, Kanada. Dilaporkan Kota kecil berpenduduk sekitar 7.500 orang itu memang merupakan target terbaru dari kelompok ransomware LockBit yang terkenal kejam ini.

Sebanyak 67GB data kota St. Marys berhasil dicuri kelompok hacker bernama LockBit. Data mencakup dokumen keuangan, rencana, departemen, data rahasia lainnya. Data-data penting ini diunggah ke situs gelap.

LockBit juga baru-baru ini berhasil membobol bank berstatus badan usaha milik negara (BUMN), Bank Syariah Indonesia. Serangan tersebut tak hanya berhasil mengganggu sistem tapi menghentikan semua layanan bank.

Selain yang dilakukan juga juga berhasil membobol 1,5 TB data bank. Di mana dari seluruh data yang dicuri, 15 juta di antaranya adalah data pengguna dan password untuk akses internal dan layanan yang digunakan bank.
(san)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1067 seconds (0.1#10.140)