5 Hacker Paling Berbahaya di Dunia, dari Anonymous hingga LockBit

Rabu, 17 Mei 2023 - 18:56 WIB
loading...
5 Hacker Paling Berbahaya di Dunia, dari Anonymous hingga LockBit
Ilustrasi hacker. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Ada banyak grup hacker yang beroperasi di seluruh dunia. Beberapa di antaranya tercatat sebagai hacker paling berbahaya, karena mampu menembus sistem yang diklaim paling aman sekalipun.

Grup hacker berbahaya ini beraksi dengan menembus batas-batas hukum yang berlaku. Nah berikut adalah daftar grup hacker paling berbahaya 2023, seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (7/5/2023).

1. Anonymous

Di urutan pertama ada grup hacker yang tentunya sudah tidak asing lagi di telinga bernama Anonymous. Grup ini identik dengan toprng Guy Fawkes, memiliki banyak sekali fans, dan dikenal sebagai "Robin Hood digital".



Aksi Anonymous dimulai pada tahun 2003 di papan pesan 4chan di forum yang tidak disebutkan namanya. Kelompok ini menunjukkan sedikit organisasi dan secara longgar berfokus pada konsep keadilan sosial.

Pada tahun 2008 Anonymous mempermasalahkan Gereja Scientology dan mulai menonaktifkan situs web gereja sekaligus membanjiri mesin faksnya dengan gambar serba hitam. Aksi tersebut membuat mereka populer.

2. LulzSec

LulzSec atau Lulz Security merupakan grup peretas Black Hat kelas kakap. Mereka telah mendapatkan kredensial peretasan untuk Sony, News International, CIA, FBI, Scotland Yard, dan sejumlah akun penting.

Kelompok ini juga pernah menyebarkan laporan palsu tentang kematian Rupert Murdoch ketika diretas ke akun Korporasi Berita. Mereka juga dilaporkan telah meretas situs surat kabar seperti The Times dan The Sun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)