American Psychological Association Sebut Media Sosial Pengaruhi Depresi Anak

Rabu, 10 Mei 2023 - 17:35 WIB
loading...
A A A
"Apakah itu menghalangi tidur anak dan aktivitas fisik anak Anda? Apakah itu menghalangi sekolah mereka, atau kegiatan lain yang penting dalam perkembangan mereka?," sambungnya.

APA merekomendasikan agar orang tua juga harus memantau umpan media sosial anak-anak mereka selama masa remaja awal, kira-kira usia 10-14.

Orang tua juga harus mencoba meminimalkan atau menghentikan konten berbahaya yang terpapar anak mereka, termasuk pos-pos yang terkait dengan bunuh diri, melukai diri sendiri, makan tidak teratur, rasisme, dan intimidasi.



"Studi menunjukkan bahwa paparan jenis konten ini dapat mempromosikan perilaku yang sama pada beberapa remaja," timpal catatan APA.

Sebuah survei terhadap gadis-gadis remaja menemukan, bahwa 40% dari mereka melihat gambar dan video berbahaya yang terkait dengan bunuh diri, setidaknya sebulan sekali di Instagram dan Tiktok.

Sepertiga dari mereka mengatakan, setelah melihat konten terkait mengalam gangguan makan.

Laporan ini juga memperingatkan agar orang tua memantau penggunaan media sosial mereka sendiri, dan bagaimana mereka menggunakannya di depan anak-anak, sehingga dapat memengaruhi kaum muda.
(san)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)