American Psychological Association Sebut Media Sosial Pengaruhi Depresi Anak

Rabu, 10 Mei 2023 - 17:35 WIB
loading...
American Psychological Association Sebut Media Sosial Pengaruhi Depresi Anak
Ilustrasi media sosial. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - American Psychological Association mengeluarkan rekomendasi untuk memandu penggunaan media sosial kepada remaja. Hal ini dimaksudkan untuk menghadapi depresi, kecemasan, dan kesepian yang tinggi.

Dilansir dari NRP, media sosial dapat memperburuk dan bahkan menyebabkan masalah ini kepada remaja.

"Saat ini, saya pikir negara ini berjuang dengan apa yang kita lakukan di media sosial," kata Dr. Arthur Evans, CEO APA, dikutip dari NRP, Rabu (10/5/2023).



Penelitian terbaru mengungkapkan, media sosial dapat mempersenjatai orang dengan informasi, bahwa mereka perlu menjadi orang tua yang baik dan untuk menjadi pembuat kebijakan yang baik di bidang ini.

"Ada 10 rekomendasi dalam laporan ini, yang menyarankan tindakan, terutama oleh orang tua, seperti memantau feed remaja dan melatihnya dalam melek media sosial, bahkan sebelum mereka menggunakan platform ini," jelasnya.

Tetapi beberapa terapis dan dokter mengatakan, rekomendasi itu menempatkan terlalu banyak beban pada orang tua. Untuk mengimplementasikan panduan ini, membutuhkan kerja sama dari perusahaan teknologi dan regulator.

"Kami berada dalam krisis di sini dan kemampuan keluarga atau orang tua untuk mengelola ini sekarang sangat terbatas," timpal Robert Keane, seorang terapis di Walden Behavioral Care.



Sementara media sosial dapat memberikan peluang untuk tetap terhubung, terutama selama periode isolasi sosial, seperti pandemi. APA mengatakan, remaja harus disaring secara rutin untuk penggunaan media sosial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2873 seconds (0.1#10.140)