Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Tidak Berputar, Mudah Banget!

Rabu, 01 Februari 2023 - 18:13 WIB
loading...
A A A
Jika terjadi kesalahan deteksi ini, hal yang harus dilakukan adalah tekan tombol Power/Off atau Pause untuk menghentikan kesalahan deteksi tersebut.

3. Ganti tali karet jika permasalahannya pada karet yang kendur dimana ini menyebabkan tabung mesin cuci tidak mau bergerak lagi.

4. Jika permasalahan pada dinamo, bisa dicek pada bagian as dinamo. Apakah kotor atau tidak. Jika kotor maka bisa langsung dibersihkan dan coba lagi untuk menggunakan mesin cuci.

5. Mengganti kapasitor yang rusak. Bagaimana cara mengetahui jika kapasitor mesin cuci rusak? Test pakai Ohm Meter, jika jarum bergerak maka kapasitor mesin cuci baik-baik saja, sebaliknya jika jarum diam maka kapasitor rusak dan harus diganti.

Kapasitor ini akan melepaskan daya listrik dari sumber ke tabung sebagai tenaga tambahan. Jika kapasitor bermasalah tentu putaran tabung juga akan bermasalah.

6. Perbaiki timer mesin cuci, caranya:

- Cabut kabel power mesin cuci
- Buka panel dan kebainet mesin cuci
- Lepas timer dari mesin cuci
- Aturlah Multimeter ke RX-1 lalu conect kan ke ujung pada dinamo, maka hasil akan terlihat pada angka 0 atau mendekati angka 0.

Apabila tidak sesuai dengan angka 0 silahkan ganti timer mesin cuci tersebut dengan yang baru.

7. kemudian jika penyebabnya muatan pakaian yang berlebihan, maka jadikan 2 saja atau 2 kali cuci daripada mesin cuci Anda rusak.

Cara memperbaiki mesin cuci yang tidak mau berputar tergantung dari penyebabnya seperti yang sudah disebutkan di atas. Namun jika kerusakan berat, maka bisa memperbaikinya kepada tukang yang lebih ahli maupun membeli perangkat baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2012 seconds (0.1#10.140)