Tips Merawat Mesin Cuci Supaya Lebih Awet

Rabu, 25 Oktober 2023 - 14:58 WIB
loading...
Tips Merawat Mesin Cuci Supaya Lebih Awet
Mesin cuci yang terawat bisa digunakan hingga 10 tahun. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Bunda, coba ikuti tips merawat mesin cuci berikut ini yuk, supaya mesin cuci jadi lebih awet. Pasalnya, mesin cuci yang terawat bisa digunakan hingga 10 tahun. Jika produk tergolong baru namun sudah terdapat masalah, bisa jadi karena Anda kurang memerhatikan perawatannya.

Lantas, bagaimana cara merawat mesin cuci yang benar supaya awet? Simak beberapa tipsnya berikut ini!

5 Tips Merawat Mesin Cuci

1. Lokasi Menentukan Usia


Ternyata lokasi penempatan mesin cuci membawa pengaruh besar terhadap durabilitas. Mesin cuci harus diletakkan di tempat yang benar-benar datar. Agar komponen mesin cuci tidak cepat rusak saat bergetar keras. Lalu, hindari tempat yang lembab agar rangkaian elektronik tidak rusak. Juga, hindari tempat yang langsung terkena sinar matahari. Pastikan juga sirkulasi udara baik.

2. Gunakan Mesin Cuci Sesuai Kapasitasnya


Mungkin karena terburu-buru, Anda tidak sadar memasukkan pakaian yang terlalu banyak ke dalam mesin cuci. Padahal, kebiasaan seperti ini dapat berakibat fatal dan bisa membuat mesin cuci cepat rusak, lho.

Selain kinerja mesin cuci jadi tidak maksimal, kotoran dari pakaian akan terhambat sehingga pakaian tidak dapat tercuci dengan baik. Selalu perhatikan kapasitas maksimal mesin cuci agar Anda tidak mencuci pakaian berlebih dari kapasitas mesin cuci tersebut!

3. Hindari Menyimpan Pakaian Terlalu Lama dalam Tabung


Hindari menyimpan pakaian terlalu lama di dalam tabung mesin cuci karena bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau yang tidak sedap itu akan menyebar ke dalam pakaian. Ini berlaku untuk pakaian basah atau kering.

4. Gunakan Detergen Secukupnya


Mesin cuci dapat terhindar dari bau apek karena pemilihan detergen yang sesuai. Detergen dapat Anda pilih dengan beberapa kriteria misalnya detergen cair (liquid) yang memiliki aroma segar dan mudah larut dalam air.

Detergen tersebut menjadi pilihan yang tepat karena tidak menyisakan banyak sabun pada tabung mesin cuci . Selain itu, pemilihan deterjen dengan aroma yang segar dapat membantu mesin cuci untuk terhindari dari bau apek.

5. Bersihkan Secara Berkala


Untuk menghindari menumpuknya kotoran dan sisa detergen, Anda harus membersihkannya secara berkala. Caranya gampang, kok! Isi tabung mesin cuci dengan air secukupnya lalu tekan mode cleaning untuk membersihkan tabung secara otomatis.

Selain membersihkan tabung, bagian lainnya yang tak boleh luput untuk dibersihkan adalah filter. Bersihkan paling tidak 2 minggu sekali untuk menghilangkan noda, jamur, dan kotoran yang menempel pada filter.

Itulah beberapa tips merawat mesin cuci. Jika mesin cuci di rumah sudah tidak berfungsi akibat perawatan yang kurang tepat, segera ganti yang baru dengan beli di AladinMall mumpung lagi ada diskon hingga 24% sekaligus gratis ongkir tanpa batas!

Penasaran? Makanya, download aplikasi AladinMall sekarang juga di Google Play Store dan App Store supaya enggak ketinggalan promo menarik yang berlangsung setiap harinya!
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1743 seconds (0.1#10.140)