Copot Ratusan Aplikasi Ini atau Ponsel Anda akan Dihujani Iklan

Senin, 25 Januari 2021 - 04:45 WIB
Ada lebih dari 100 aplikasi yang diverifikasi sebagai pembombardir iklan bagi perangkat Android yang mengunduhnya. Foto/ist
JAKARTA - Pengguna Android umumnya memiliki kebiasaan memasang banyak aplikasi berbeda di semua jenis kategori pada perangkat selulernya. Fatalnya mereka sering kali tanpa meneliti utilitas dan keandalan dari aplikasi yang diunduhnya dengan sangat teliti.

Kini sekelompok pakar keamanan digital mengungkap adanya koleksi aplikasi terbaru yang dianggap berbahaya . Tidak tanggung-tanggung, ada 164 judul aplikasi yang perlu Anda identifikasi dan hapus secepatnya sedari sekarang.

Google sendiri tampaknya telah melakukan tugasnya untuk perubahan, yakni mem-boot setiap aplikasi yang diberi label nakal oleh White Ops Satori Threat Intelligence dan Tim Riset dalam laporan komprehensif terbarunya dari Play Store resmi sebelum rilis. Tetapi ratusan aplikasi tersebut sudah menyumbang 10 juta lebih unduhan sehingga para pengunduhnya wajib segera membuangnya dari perangkat.

Anda Seharusnya Khawatir

Seperti biasa, jika Anda berhati-hati dengan proses pemeriksaan pra-instalasi untuk semua aplikasi yang diunduh dari Google Play, pengguna tidak mungkin menjadi korban serangan siber yang agak sederhana dan bersifat langsung ini.



Kabar baiknya adalah bahwa meskipun Anda tidak terlalu rajin melakukan aktivitas penjelajahan Play Store, ancaman khusus ini sama sekali tidak seserius beberapa kampanye penyebar malware lainnya yang pernah kami sampaikan sebelumnya.

Seperti "CopyCatz" yang menarik dan tidak perlu, aplikasi ini membawa (atau lebih tepatnya digunakan untuk membawa) nama dan deskripsi yang sangat mirip ke berbagai alat, layanan, dan game Android yang populer, membodohi pengguna dengan berpikir mereka akan mengirimkan barang seperti perlindungan privasi, foto tingkat lanjut kemampuan pengeditan, fungsionalitas peningkatan baterai, perekaman panggilan, atau ironisnya, fitur antivirus. Padahal sebenarnya satu-satunya tujuan mereka adalah mendorong iklan yang tidak sah dan di luar konteks.

Meskipun itu tidak seburuk mencoba langsung mencuri uang, ini jelas bisa menjadi sangat menjengkelkan. Karena dengan sangat cepat menampilkan iklan, alih-alih memenuhi fitur yang dijanjikan.

Singkatnya, Anda mungkin tidak benar-benar dalam bahaya jika info pribadi Anda dicuri atau semacamnya. Tetapi jika Anda membenci iklan, Anda harus benar-benar menghapus aplikasi ini secepatnya dan berhati-hati untuk mengunduh judul Assistive Touch, AppLock, dan Photo Editor Pro di lain waktu.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More