Panduan Lengkap Split Screen di HP Android: Multitasking Makin Praktis!

Sabtu, 10 Februari 2024 - 12:05 WIB
loading...
Panduan Lengkap Split Screen di HP Android: Multitasking Makin Praktis!
Cara split screen di HP Android menarik untuk dipahami agar bisa melakukan multitasking dengan nyaman. Foto: Lifewire
A A A
JAKARTA - Cara split screen di HP Android bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan dua aplikasi berbeda dalam satu waktu bersamaan.

Pada perkembangannya, penggunaan ponsel pintar (smartphone) telah menjadi hal lazim dalam kehidupan sehari-hari. Melalui perangkat canggih ini, hadir beragam fitur menarik yang memudahkan para pengguna dalam menjalankan aktivitasnya.

Sebagai contoh, bisa disebutkan seperti fitur split screen. Fitur tersebut memungkinkan pengguna membagi layar ponselnya menjadi dua bagian. Nantinya, masing-masing bagian tersebut bisa digunakan untuk membuka dua aplikasi yang berbeda dalam satu waktu bersamaan.

Lantas, bagaimanakah cara menggunakan fitur split screen di HP Android? Berikut ini ulasannya.

Cara Split Screen di HP Android

Bagi sejumlah merek smartphone Android, penggunaan fitur split screen mungkin bisa berbeda. Namun, secara umum langkah-langkahnya hampir sama, yakni melalui opsi tombol Recent Apps.

Sebagai contoh, ulasan ini memakai ponsel Xiaomi sebagai bahan percobaannya. Pertama, cara ini digunakan untuk ponsel yang memakai MIUI 9 sampai 11.

-Pertama, silahkan membuka opsi Recent Apps dengan menekan tombol yang berada di pojok kiri bawah.
-Setelahnya, akan muncul tampilan Recents Apps yang menampilkan aplikasi yang sebelumnya sempat digunakan pengguna.
-Pada bagian tersebut, pilih opsi ‘split screen’. Lalu, tarik salah satu aplikasi lain yang ingin dijadikan split screen untuk bagian atas.
-Setelah itu, pilih satu aplikasi lagI untuk mengisi layar bagian bawah yang sudah di split.
-Selesai.

Bagi pengguna MIUI 11 ke atas, cara penggunaan fitur Split Screen dapat dilakukan dengan mengaturnya lebih dulu di opsi Pengaturan atau Setelan. Berikut langkahnya.

-Masuk ke menu Pengaturan atau Setelan.
-Kemudian, pilih opsi ‘Setelan Tambahan’.
-Setelah itu, buka menu ‘Pintasan Tombol’. Lalu, masuk ke opsi ‘Buka Layar Split’.
-Nantinya, akan tersedia beberapa opsi untuk mengaktifkan fitur split screen. Misalnya, pilih opsi ‘Tekan lama tombol Menu’.
-Keluar dari menu Pengaturan. Lalu, cobalah untuk membuka opsi split screen dengan menekan tombol ‘Menu’ di bagian bawah layar ponsel selama beberapa detik.
-Selesai.



Selain kedua cara di atas, penggunaan opsi split screen di HP Android juga dapat dilakukan melalui bantuan aplikasi lain. Saat ini, telah tersedia banyak pilihan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Play Store.

Demikianlah ulasan mengenai cara split screen di HP Android dengan mudah. Semoga bermanfaat dan selamatmencoba!
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)