Microsoft Siapkan AI yang Bertanggung Jawab dalam Hal Pemberian Informasi

Jum'at, 03 Mei 2024 - 08:29 WIB
loading...
Microsoft Siapkan AI yang Bertanggung Jawab dalam Hal Pemberian Informasi
Microsoft Siapkan AI terbaru. FOTO/ DAILY
A A A
BEIJING - Microsoft telah menerbitkan laporan transparansi perdananya yang menyoroti langkah-langkah yang diambil perusahaan untuk memastikan pengembangan dan penggunaan AI yang bertanggung jawab selama tahun 2023.



Laporan ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan yang dibuat setelah menandatangani perjanjian sukarela dengan Gedung Putih pada Juli 2023 untuk memprioritaskan keselamatan dan pembangunan AI yang bertanggung jawab.

Seperti dilansir dari The Verge, laporan ini menunjukkan pencapaian penting Microsoft dalam menerapkan prinsip-prinsip AI yang bertanggung jawab, termasuk:

Membuat 30 alat AI yang bertanggung jawab: Microsoft mengembangkan berbagai alat untuk membantu pengembang dan peneliti menilai dan memitigasi risiko potensial bias, keamanan, dan privasi dalam sistem AI.

Membentuk tim AI yang bertanggung jawab: Microsoft mendirikan tim khusus yang didedikasikan untuk memastikan bahwa prinsip-prinsip AI yang bertanggung jawab diintegrasikan ke dalam semua aspek pengembangan dan penerapan AI perusahaan.

Membutuhkan penilaian risiko untuk aplikasi AI generatif: Microsoft mewajibkan tim yang mengembangkan aplikasi AI generatif untuk mengukur dan memetakan potensi risiko di seluruh siklus pengembangan proyek.

Laporan ini merupakan langkah penting bagi Microsoft dalam menunjukkan komitmennya terhadap AI yang bertanggung jawab dan transparan.

Dengan secara terbuka membagikan kemajuannya, Microsoft dapat mendorong dialog dan kolaborasi di seluruh industri untuk memastikan bahwa AI dikembangkan dan digunakan dengan cara yang aman dan bermanfaat bagi semua.

Meskipun langkah-langkah yang diambil Microsoft patut dipuji, masih ada ruang untuk perbaikan. Para ahli telah menyarankan agar Microsoft mempublikasikan lebih banyak data tentang sistem AI-nya, termasuk informasi tentang kinerja dan dampaknya.

Selain itu, beberapa orang menyerukan proses audit dan pengawasan independen terhadap praktik AI Microsoft.

Secara keseluruhan, laporan transparansi perdana Microsoft merupakan langkah positif dalam arah yang benar. Dengan terus meningkatkan upaya AI yang bertanggung jawab dan melibatkan pemangku kepentingan secara terbuka, Microsoft dapat memainkan peran utama dalam memastikan bahwa teknologi AI digunakan untuk kebaikan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2115 seconds (0.1#10.140)