Menkominfo RI dan Singapura Bertemu Bahas Kerjasama Bidang TI

Jum'at, 22 Januari 2021 - 23:01 WIB
ilustrasi Teknlogi. FOTO/ IST
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Singapura, S. Iswaran.

Pertemuan kali ini membahas agenda penguatan kerjasama bidang Telekomunikasi dan Informatika.

Audiensi ini dilakukan di sela-sela Pertemuan Menteri Digital ASEAN atau ASEAN Digital Ministers’ Meeting (ADGMIN) yang berlangsung secara virtual pada 21-22 Januari 2021.

Johnny mengatakan bahwa pada tahun lalu, Indonesia dan Singapura telah melakukan penjajakan awal untuk pembaharuan Nota Kesepahaman tersebut agar lebih relevan dengan perkembangan digital terkini, termasuk pelindungan dan kedaulatan data.

“Indonesia menghargai dan amat terbuka dengan prakarsa peningkatan kerja sama ini," kata Johnny dikutip dari keterangan tertulis kepada SINDOnews, Jumat (22/1/2021).





Selain pelindungan data, isu pertukaran data lintas batas negara (cross-border data flow) juga semakin krusial untuk dibahas secara komprehensif, mengingat pertukaran data ini dapat mendorong perkembangan sektor ekonomi.

“Karenanya, kita perlu membahas kerangka atau protokol kerja sama pertukaran data ini yang lebih konkret, yang menjunjung tinggi prinsip lawfulness, fairness, transparency dan juga prinsip reciprocity,” ujarnya.

Nota Kesepahaman antara Singapura dan Indonesia juga akan mencakup kerja sama pengembangan talenta digital di dua negara.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More