AWS Tegaskan Keamanan Cloud adalah Prioritas

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 14:07 WIB
AWS juga memiliki berbagai solusi yang menjawab kebutuhan keamanan dari beberapa dimensi, yakni governance atau kepatuhan, akses, proteksi data, dan monitoring dan audit.

Untuk kepatuhan, AWS memiliki solusi Managed Services yangi menyediakan landing zone, yaitu arsitektur yang menjadi landasan bagi seluruh aspek keamanan dan fitur-fitur tambahan lainnya. Lewat solusi ini, semuanya dapat diawasi dan dikendalikan secara otomatis.

Dari dimensi akses, pelanggan diberikan lingkungan virtual private cloud tempat melakukan segala pekerjaannya. Lingkungan ini tidak boleh diakses oleh siapapun kecuali mereka yang memiliki wewenang. Bahkan, pihak AWS sendiri tidak dapat mengaksesnya apabila tidak mendapatkan izin dari pelanggan selaku pemilik data. Berbeda dengan lingkungan on-premises, cloud dilengkapi dengan proteksi berupa kontrol akses keamanan pada setiap lapisnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tiap pelanggan.

Untuk proteksi data, AWS memberikan kemampuan enkrispi kepada pelanggan yang dapat digunakan tanpa biaya tambahan. Solusi proteksi data AWS yang lainnya adalah AWS Secrets Manager. AWS merancang solusi ini untuk melakukan parsing dan menyimpan kredensial. Selama akses diberikan pada lapisan inti, AWS Secrets Manager akan melakukan otentikasi agar tidak ada lagi ID dan password yang berserakan.

Solusi Amazon Macie juga bertugas untuk melakukan proteksi data dengan memanfaatkan pengetahuan yang telah dikumpulkan dari penggunaan AI dan machine learning selama beberapa tahun terakhir.

Dari dimensi monitoring dan audit, setiap akses dan perubahan yang dilakukan setiap orang harus melalui proses pengecekan forensik. Proses ini merupakan bagian intrinsik dari AWS cloud.

“Selain dunia bisnis, cloud AWS juga dapat digunakan oleh organisasi kepemerintahan. Banyak instansi pemerintah dari berbagai belahan dunia yang telah menggunakan cloud AWS untuk kegunaan-kegunaan yang penting, seperti dalam mengembangkan inovasi dan meningkatkan kegesitan, dengan terus mengutamakan keamanan,” pungkas Paul. (Baca juga: Mobil Desa Dimodifikasi Jadi Kendaraan Taktis TNI dan Polisi, Iniloh Bentuknya )
(iqb)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More