10 Perangkat Teknologi yang Masuk Rekor Dunia

Jum'at, 31 Mei 2024 - 16:03 WIB
Nokia 1100 telah terjual lebih dari 250 juta unit sejak diluncurkan pada 2003, diikuti oleh Nokia 1110 dengan 248 juta unit terjual. Nokia 1100 jauh lebih maju dari masanya, menawarkan umur panjang dan durabilitas tinggi. Keterjangkauan dan ketersediaannya yang mudah menjadikannya sangat populer di negara-negara berkembang. Dunia ponsel pintar telah berkembang pesat sejak saat itu.

6. Konsol Gaming Portabel dengan Augmented Reality (AR) Pertama



Konsol game portabel Nintendo ternyata lebih dahulu menerapkan teknologi AR dibandingkan dengan iPhone saat ini. Bahkan menjadi merek pertama yang mengembangkan konsol game portabel dengan augmented reality dalam model Nintendo 3DS.

Ketika Nintendo 3DS dirilis pada musim semi 2011, telah menampilkan desain seperti laptop yang dapat dilipat dengan layar sentuh, layar penggeser 3D, dan enam kartu AR. Meski dimulai dengan awal kurang sukses karena penjualan yang lesu, Nintendo tidak mau menyerah. Nintendo memangkas harga 3DS sebesar 32%, dari USD250 menjadi USD170. Mereka juga menawarkan 10 game NES gratis dan 10 game Game Boy Advance gratis kepada pembeli konsol tersebut.

7. Kamera Smartphone Pertama Berteknologi Putar 360 Derajat



Mimpi memiliki penglihatan seperti Superman dengan sinar-X berusaha diwujudkan pada 2017. Sebuah kamera ponsel cerdas dikombinasikan dengan algoritma tertentu memungkinkan penggunanya melihat ke sekeliling alias berputar 360 derajat.

Terobosan dalam kamera sudut dibuat di Laboratorium Ilmu Komputer dan Kecerdasan Buatan MIT. Algoritma analisis gambar mengamati pola pantulan cahaya dan bayangan yang jatuh di lokasi tertentu, serta dapat menentukan ukuran dan penempatan objek bergerak di dekat sudut tempat bayangan tersebut mungkin terjadi.

8. Laptop Clamshell Pertama



Dua panel datar yang dihubungkan dengan engsel menjadi tampilan umum laptop. Kembali ke tahun 1975 dan 1981 terdapat seri IBM 5100 dan Osborne 1 yang tercatat sebagai komputer portabel pertama, atau komputer laptop.Tepat sebelum laptop clamshell pertama, GRiD Compass milik NASA diciptakan pada 1982. Produk ini menjadi desain tradisional pertama laptop dengan RAM hanya 512KB. Banyak yang mengklaim ini laptop pertama karena desainnya. Meskipun beratnya hanya sekitar 5 kilogram dan berharga sekitar Rp100 juta pada saat itu.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More