10 Perangkat Teknologi yang Masuk Rekor Dunia

Jum'at, 31 Mei 2024 - 16:03 WIB
loading...
10 Perangkat Teknologi yang Masuk Rekor Dunia
Sejumlah perangkat teknologi berhasil memecahkan rekor dunia. (Foto: Slash Gear)
A A A
JAKARTA - Perangkat teknologi yang tercatat dalam rekor dunia dianggap telah mencapai segala hal mustahil. Sayangnya, tidak semua perangkat tadi bertahan pada puncak kejayaannya.

Namun, cerita dan fakta panjang yang terkait dengan perangkat tadi menarik untuk diulas. Lantaran teknologi yang dipakainya kini menjadi paling populer.

Tidak heran jika sebagian besar daftar rekor dunia tersebut berasal dari perusahaan besar seperti Nintendo, Apple, Google, NASA, MIT, dan nama besar lainnya. Melansir dari Slash Gear, Jumat (31/5/2024) berikut 10 perangkat teknologi yang masuk rekor dunia

1. Smartphone Terlaris


Rekor smartphone terlaris dan kamera beresolusi tertinggi dicapai oleh perangkat Apple atau Samsung. Teknologi kamera kedua pabrikan tadi bisa melihat lebih dari yang bisa dilihat mata melalui augmented reality (AR) maupun virtual reality (VR).


2. Teknologi Kacamata Pintar Pertama


Jika ada satu hal yang mungkin diingat semua orang dari 2012, yaitu kehadiran Google Glass . Perangkat yang diperkenalkan pada April 2012, saat itu hanya tersedia bagi sekelompok kecil orang untuk pengujian pada bulan April 2013.Kecanggihannya terletak pada modul persegi kecil di satu sisi yang terlihat hampir persis seperti kacamata biasa. Aktivasinya melalui perintah suara dan sentuhan yang dilengkapi dengan kamera, speaker, mikrofon, dan port USB.

Fungsinya pun cukup canggih karena bisa memfoto, mengecek email, membalas pesan teks, dan melakukan hampir semua hal setara ponsel pintar melalui augmented reality.

Teknologi ini telah tercatat dalam sejarah sebagai teknologi pintar pertama berupa kacamata. Gagasan tentang kacamata yang berfungsi seperti ponsel pintar termasuk hal revolusioner. Tetapi meningkatnya kekhawatiran etika dan privasi, serta harga yang mahal menyebabkan produk tersebut dihentikan.

3. Kamera Resolusi Tertinggi


Sebuah lensa berdiameter lebih dari 1,5 meter, enam filter khusus, berbobot 3.000 kilogram, dan upaya pengembangan lebih dari 20 tahun menjadi bagian pengembangan kamera Large Synoptic Survey Telescope (LSST) di Observatorium Vera C. Rubin.

Kamera ini tidak hanya memegang rekor kamera digital beresolusi tertinggi di dunia, tetapi juga merupakan kamera digital terbesar yang pernah dibuat. Kamera ini juga punya sensor optik terbesar dan lensa terbesar di dunia, yakni 100 mm atau setara mata empat burung. Kamera ini dibuat untuk berada di observatorium dan mengumpulkan data dengan kecepatan 15 terabyte per malam selama 10 tahun.

Sensornya mencapai 3.200 megapiksel dengan bidang pandang 9,6 derajat persegi, bidang fokus lebar 64 sentimeter, interval eksposur 15 detik, dan total 189 sensor CCD. Dibandingkan dengan kamera ponsel pintar beresolusi tertinggi 200 megapiksel, angka itu hanya 6% dari resolusi kamera LSST.


4. Headset VR Pertama


Teknologi realitas virtual yang populer saat ini ternyata telah dirintis pada 2015. Proyek kreatif ini berupa headset VR pelacak mata dari FOVE Inc. yang pertama dari jenisnya. Nama FOVE berasal dari fovea, lekukan kecil pada mata tempat penglihatan paling baik. Mereka awalnya berharap dapat mengumpulkan USD250 ribu atau Rp4 miliar untuk headset tersebut. Di luar dugaan, pengumpulan dana mencapai Rp7,8 miliar dalam waktu kurang dari tiga hari.

5. Ponsel Terlaris


Jika melihat 10 ponsel terlaris sepanjang masa, jajarannya terdiri dari Nokia dan iPhone. Urutan nomor satu dipegang oleh Nokia 1100.Nokia tercatat kerap meluncurkan ponsel terlaris sepanjang masa, namun beberapa tahun kemudian ponsel tersebut bahkan tidak masuk dalam daftar lima besar produsen ponsel pintar.

Nokia 1100 telah terjual lebih dari 250 juta unit sejak diluncurkan pada 2003, diikuti oleh Nokia 1110 dengan 248 juta unit terjual. Nokia 1100 jauh lebih maju dari masanya, menawarkan umur panjang dan durabilitas tinggi. Keterjangkauan dan ketersediaannya yang mudah menjadikannya sangat populer di negara-negara berkembang. Dunia ponsel pintar telah berkembang pesat sejak saat itu.

6. Konsol Gaming Portabel dengan Augmented Reality (AR) Pertama


Konsol game portabel Nintendo ternyata lebih dahulu menerapkan teknologi AR dibandingkan dengan iPhone saat ini. Bahkan menjadi merek pertama yang mengembangkan konsol game portabel dengan augmented reality dalam model Nintendo 3DS.

Ketika Nintendo 3DS dirilis pada musim semi 2011, telah menampilkan desain seperti laptop yang dapat dilipat dengan layar sentuh, layar penggeser 3D, dan enam kartu AR. Meski dimulai dengan awal kurang sukses karena penjualan yang lesu, Nintendo tidak mau menyerah. Nintendo memangkas harga 3DS sebesar 32%, dari USD250 menjadi USD170. Mereka juga menawarkan 10 game NES gratis dan 10 game Game Boy Advance gratis kepada pembeli konsol tersebut.

7. Kamera Smartphone Pertama Berteknologi Putar 360 Derajat


Mimpi memiliki penglihatan seperti Superman dengan sinar-X berusaha diwujudkan pada 2017. Sebuah kamera ponsel cerdas dikombinasikan dengan algoritma tertentu memungkinkan penggunanya melihat ke sekeliling alias berputar 360 derajat.

Terobosan dalam kamera sudut dibuat di Laboratorium Ilmu Komputer dan Kecerdasan Buatan MIT. Algoritma analisis gambar mengamati pola pantulan cahaya dan bayangan yang jatuh di lokasi tertentu, serta dapat menentukan ukuran dan penempatan objek bergerak di dekat sudut tempat bayangan tersebut mungkin terjadi.

8. Laptop Clamshell Pertama


Dua panel datar yang dihubungkan dengan engsel menjadi tampilan umum laptop. Kembali ke tahun 1975 dan 1981 terdapat seri IBM 5100 dan Osborne 1 yang tercatat sebagai komputer portabel pertama, atau komputer laptop.Tepat sebelum laptop clamshell pertama, GRiD Compass milik NASA diciptakan pada 1982. Produk ini menjadi desain tradisional pertama laptop dengan RAM hanya 512KB. Banyak yang mengklaim ini laptop pertama karena desainnya. Meskipun beratnya hanya sekitar 5 kilogram dan berharga sekitar Rp100 juta pada saat itu.


9. Kamera Tercepat di Dunia


Angka 156,3 triliun frame per detik menjadi kecepatan kamera tercepat di dunia. Kamera SCARF (Swept Coded Aperture Real-Time Femtophotography) diklaim dapat merekam peristiwa yang terjadi dalam kuadriliun detik.

Teknologi Compressed Ultrafast Photography (CUP) dikembangkan pada 2014. Teknologi ini kemudian berkembang menjadi Compressed Ultrafast Trillion Frames Per Second Photography (T-CUP), dan pada 2020 menjadi Compressed Ultrafast Spectrophotography (CUSP).Perkembangan ini sangat berguna bagi para ilmuwan karena memungkinkan mereka mengamati proses yang sangat cepat seperti demagnetisasi paduan logam atau gelombang kejut di dalam sel hidup.

9. Konsol Game Pertama dengan Perangkat Modem Satelit


Kisah ini dimulai pada 1993, ketika Nintendo membayar sekitar USD6,7 juta untuk menjadi pemegang saham mayoritas Satellite Digital Audio Broadcasting Co., yang dikenal sebagai Seigiga. Perusahaan Jepang ini menjadi operator penyiaran digital pertama di dunia, namun terlilit utang besar akibat dampak resesi Jepang.

Pada 1994, kedua perusahaan meresmikannya dan meluncurkan Satellaview. Periferal modem satelit terhubung ke Sistem Hiburan Super Nintendo, memungkinkan pengguna mengunduh permainan, foto, berita, majalah, dan media lain tertentu yang disiarkan melalui satelit pada waktu tertentu dalam sehari.

Sayangnya, cerita ini tidak bertahan lama. Tiba-tiba berakhir pada 1999 setelah Saint-Giga menolak melunasi utangnya dan dengan menolak rencana penyelesaian utang Nintendo . Hubungan tersebut semakin rusak ketika Saint-Giga gagal mengajukan izin penyiaran dari pemerintah, yang akhirnya menyebabkan Nintendo menarik diri dan memutuskan hubungan. Saint Giga melakukan upaya yang lemah untuk tetap mengudara, tetapi akhirnya bangkrut dan bergabung dengan perusahaan lain pada tahun 2003.

MG/Muhammad Rauzan Ranupane Ramadan
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2405 seconds (0.1#10.140)