Serangan Siber Meningkat! Ini Alasan Pentingnya Update Password di Hari Kata Sandi Sedunia 2024

Senin, 22 April 2024 - 20:01 WIB
Yang paling mengkhawatirkan, 14% dari semua responden menggunakan kata sandi yang sederhana dan digunakan berulang kali di akun mereka.

Adam Brown, Managing Consultant, Synopsys Software Integrity Group juga menyebut sangat penting untuk tidak menggunakan frasa sandi yang sama di berbagai situs.

“Serangan pada satu penyedia layanan dengan metode penyimpanan data yang kurang aman sudah cukup untuk membahayakan frasa sandi Anda. Alhasil, peretas berpotensi mengakses situs-situs lain di mana Anda menggunakan frasa sandi yang sama,” bebernya.



Nah, berikut tips untuk praktik keamanan kata sandi:

1. Gunakan frasa sandi yang berbeda untuk setiap situs/layanan.

2. Gunakan aplikasi pengelola kata sandi (password manager) dan lindungi dengan frasa sandi yang kuat dan panjang.

3. Bila tersedia, gunakan autentikasi multi-faktor (MFA), seperti sidik jari atau FaceID. Anda juga bisa memakai aplikasi seperti Google Authenticator (yang menghasilkan PIN 6 digit setiap 30 detik)

4. Aktifkan autentikasi multi-faktor pada situs-situs yang menyediakan fitur ini, biasanya perbankan, di mana notifikasi berisi PIN unik akan dikirimkan ke ponsel Anda.

5. Waspada terhadap penipuan, terutama ketika seseorang meminta kata sandi Anda atau bila terdapat aktivitas tidak biasa terkait akses ke layanan yangAndagunakan.
(dan)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More