5 Penemuan Teknologi Keren Perusahaan Elon Musk, Nomor Terakhir Bikin Heboh di Tahun 2023

Minggu, 24 Desember 2023 - 11:05 WIB
Meskipun Starlink bukan satu-satunya layanan internet satelit, dengan pertumbuhannya yang pesat dan potensi 42.000 satelit di masa depan, Starlink memiliki banyak potensi. Perusahaan juga memiliki rencana untuk meluncurkan layanan telepon satelit Starlink di masa mendatang.

2. Neuralink



Didirikan oleh Musk pada tahun 2016, Neuralink adalah perusahaan neuroteknologi untuk mengembangkan teknologi antarmuka otak-komputer (BCI). Teknologi ini bertujuan untuk menghubungkan otak ke perangkat eksternal dengan mengekspor informasi yang dipancarkan oleh aktivitas neuron melalui probe yang dimasukkan ke dalam otak.

Probe ini ditanamkan di otak melalui operasi robotik. Meskipun ini mungkin terdengar seperti teknologi yang berpotensi merusak dari film fiksi ilmiah, teknologi ini berpotensi membantu banyak orang. Hal ini karena neuron di otak terhubung ke otot. Bagi penderita kelumpuhan, jalur ini rusak.



Neuralink dapat menjembatani kesenjangan tersebut, memungkinkan pengguna mengendalikan lengan robot, misalnya, menggunakan pikiran mereka. Ini juga dapat mengobati penyakit otak, termasuk epilepsi dan demensia.

Beberapa pihak menyebut peristiwa ketika seseorang yang mengalami kelumpuhan dari dada ke bawah, dengan bantuan pembacaan neuron, berjabat tangan dengan Barack Obama pada tahun 2016 sebagai contoh teknologi yang sudah ada. Meskipun demikian, Neuralink masih dalam tahap pengembangan dan baru-baru ini disetujui untuk pengujian pada manusia.

3. SpaceX Starship



Starship merupakan pesawat luar angkasa dengan potensi besar yang dikembangkan oleh perusahaan SpaceX milik Musk. Starship terdiri dari dua bagian, yaitu roket Super Berat dan pesawat ruang angkasa. Roket ini didukung oleh 33 mesin Raptor yang menggunakan metana cair dan oksigen cair sub-dingin.

Pesawat luar angkasa ini dirancang untuk membawa awak dan kargo. Pesawat ini dapat membawa hingga 150 metrik ton barang yang dapat digunakan kembali dan 250 ton barang yang dapat dibuang.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More