5 Cara Mengenali Modus Penipuan Lewat Undangan Pernikahan, Waspada File APK

Rabu, 08 November 2023 - 15:44 WIB
Apabila korban terkecoh, mereka akan menuruti permintaan pelaku, termasuk menyetujui hak akses terhadap sejumlah aplikasi. Nantinya, data-data penting dalam perangkat bisa diambil dan disalahgunakan.

2. Verifikasi Sumber Undangan



Jika mendapat undangan pernikahan digital dari seseorang, Anda wajib memeriksanya dengan hati-hati. Selalu periksa dan verifikasi keaslian undangan tersebut.

Sebagai contoh, Anda bisa menghubungi pasangan yang akan menikah melalui akses komunikasi yang sah. Jika orang yang bersangkutan menyangkalnya, maka bisa dipastikan undangan tadi adalah palsu dan berkedok penipuan.

3. Waspada terhadap Tautan atau Lampiran Mencurigakan



Pada akses teknologi yang semakin bebas, pelaku kejahatan siber juga makin pintar. Mereka bisa menyematkan virus berbahaya pada sebuah file yang ditujukan untuk membobol data atau informasi pribadi orang lain.



Jika menemui tautan atau lampiran tak dikenal, Anda tidak boleh sembarangan mengunduhnya. Bisa jadi file tersebut adalah jebakan yang sudah disiapkan pelaku kejahatan siber.

4. Memperketat Keamanan Data Pribadi



Penipu biasanya menginginkan akses terhadap perangkat melalui undangan pernikahan digital palsu. Maka dari itu, Anda perlu memperketat keamanan ponsel, khususnya data-data penting.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More