Tumbuh Lewati Facebook, Pengguna Aktif Bulanan Instagram 1 Miliar

Jum'at, 22 Juni 2018 - 11:01 WIB
Tumbuh Lewati Facebook,...
Tumbuh Lewati Facebook, Pengguna Aktif Bulanan Instagram 1 Miliar
A A A
MENLO PARK - Dalam waktu singkat, Instagram berhasil mencatat jumlah pengguna aplikasinya secara luar biasa. Anak usaha Facebook ini kini memiliki pengguna bulanan secara aktif sebanyak 1 miliar.

Menengok sejarahnya, pada 2010 Instagram diluncurkan secara eksklusif di perangkat pintar berbasis iOS. Tak lama kemudian menyusul versi untuk pengguna Android.

Hanya beberapa hari kemudian, Facebook mengakuisisi Instagram senilai USD1 miliar. Pada saat itu, Instagram dikenal untuk filter yang ditawarkan kepada anggota berbagi gambar di aplikasi. Sejak saat itulah, Instagram menambahkan sejumlah fitur baru termasuk Stories yang diakui mereka dicontek dari pesaingnya, Snapchat.

Laman CNBC, Kamis (21/6/2018) melaporkan, Instagram telah mengklaim memiliki satu miliar pengguna aktif bulanan. Tingkat pertumbuhan aplikasi mendekati 5% per kuartal, mengerdilkan pesaingnya seperti Snapchat dan induk perusahaannya sendiri, Facebook.

Jumlah pengguna hariannya juga meningkat 2,13% di kuartal pertama(Q1) yakni mencapai 191 juta. Facebook sendiri melaporkan tingkat pertumbuhan bulanannya 3,14% dengan 2,196 miliar pengguna aktif bulanan.

Meskipun Facebook tidak melaporkan angka keuangan Instagram secara terpisah, eMarketer menyebut aplikasi menghasilkan pendapatan iklan USD5,48 miliar di AS pada tahun ini, atau naik 70% dari 2017. Instagram juga dilaporkan bertanggung jawab atas 28,2% dari pendapatan iklan seluler Facebook.

"Instagram sekarang adalah komunitas global satu miliar! Sejak peluncuran kami pada tahun 2010, kami menyaksikan dengan takjub ketika komunitas telah berkembang dan berkembang. Ini adalah pencapaian besar -jadi dari kami semua di Instagram, terima kasih!" kata Kevin Systrom, pendiri dan CEO Instagram.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)