Ini Cara Menghindari Malware The Last of Us yang Berbahaya Bagi PC, Kenali dan Pahami!

Rabu, 18 Januari 2023 - 15:32 WIB
loading...
Ini Cara Menghindari Malware The Last of Us yang Berbahaya Bagi PC, Kenali dan Pahami!
Cara menghindari virus malware The Last of Us yang berbahaya perlu diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Cara menghindari virus malware The Last of Us yang berbahaya perlu diketahui. Tujuannya guna menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebelumnya, tengah ramai pembahasan mengenai munculnya malware baru pada sejumlah file yang disebutkan berisi unduhan game The Last of Us Part II untuk PC. Hal ini tentu wajib mendapat perhatian lebih. khususnya bagi para pecinta game sendiri.

Mengutip informasi dari laman Rappler, Rabu (18/1/2023), perusahaan Cyber Security Kaspersky sebelumnya telah memperingatkan bahwa potensi bahaya penyebaran malware dan penipuan pada unduhan game The Last of Us.

Baca juga : Serangan Malware dengan Target Gamer Meningkat

Mereka memberikan pandangan bahwa hal ini mungkin muncul pasca rilisnya serial The Last of Us di saluran streaming HBO yang banyak mendapat respon positif. Dalam hal ini, para oknum tak bertanggung jawab mencoba memanfaatkan situasi dengan menyisipkan malware pada unduhan game yang diadopsi tersebut.

Lebih lanjut, Kaspersky menyebut bahwa sejumlah situs menawarkan unduhan game “The Last of Us Part II” di PC. Padahal, faktanya game tersebut baru direncanakan untuk dirilis Maret 2023 mendatang.

Alih-alih mendapatkan file berisi unduhan, para pengguna yang tertipu akan mendownload file berisikan virus berbahaya yang bisa bersembunyi di PC tanpa terdeteksi. Selain itu, mereka juga menemukan indikasi bahaya berupa Phising.

Pada kasus bahaya Phising, biasanya situs terkait akan menawarkan unduhan dengan kode. Nantinya, pengguna diperintah untuk memasukan kode kredensial perbankan atau pembayaran lain untuk biaya komisi.

Namun, faktanya hal tersebut adalah penipuan. Pengguna yang tertipu bisa saja kehilangan sejumlah uang serta data pribadinya.

Lantas, bagaimana cara menghindari malware The Last of Us yang berbahaya bagi PC? Berikut sejumlah solusi yang bisa dilakukan.

Baca juga : Malware Berbahaya Jenis Baru Ditemukan di Windows

-Tidak mengunduh game atau aplikasi lain di penyedia ilegal alias bajakan. Sebisa mungkin, unduh di laman resminya, meski berbayar sekalipun.

-Meningkatkan keamanan komputer agar terhindar dari bawaan virus-virus berbahaya. Sebagai contoh, Anda bisa berlangganan anti-virus yang telah teruji kualitasnya.

-Menghindari tautan atau link yang tidak jelas sumbernya. Sebagian kasus, hal tersebut berpotensi sebagai Phising.

-Gunakan situs atau halaman web yang terpercaya. Jangan asal download tanpa membaca dan memahami ketentuannya.

Demikian ulasan mengenai cara menghindari malware The Last of Us yang berbahaya bagi PC.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2462 seconds (0.1#10.140)