Akhir 2015, XL Tambah Data Center di Balikpapan

Jum'at, 08 Mei 2015 - 16:46 WIB
Akhir 2015, XL Tambah Data Center di Balikpapan
Akhir 2015, XL Tambah Data Center di Balikpapan
A A A
JAKARTA - Tiga sertifikat internasional untuk layanan Data Center yang baru diraih PT XL Axiata Tbk (XL) membawa implikasi positif. Dengan sertifikasi ISO (International Standarization Organzation), XL akan mengembangkan Data Center baru di Balikpapan.

Pemilihan Balikpapan mengingat lokasi yang strategis, Kalimantan merupakan wilayah relatif bebas dari jalur gunung api dan gempa tidak seperti Sumatera dan Jawa. Selain itu, kawasan ini dianggap ideal sebab memiliki potensi pasar besar, namun belum digarap dengan baik.

"Pembangunan Data Center di Kalimantan akan melengkapi insfrastruktur yang telah ada. Targetnya sebelum akhir tahun ini, pekerjaan pembangunan sudah bisa dilakukan," ujar Chief Digital Service Officer (CDSO) XL, Yessie D Yosetya, di Jakarta, Jumat (7/5/2015).

Dengan demikian, lanjut Yessie, pada akhir 2015, XL siap berkontribusi bagi ekosistem Cloud dan Data Center. Insfrakstruktur tersebut difasilitasi dengan lebih dari 2.300 rak yang terletak pada bangunan, dengan total luas 12.000-an m2 di atas lahan seluas 19.000 m2.

Sama seperti Data Center XL lainnya, pusat data di Balikpapan juga memiliki standar keamanan kelas dunia, dengan ratusan kamera pengawas yang memonitor seluruh fasilitas. Ada juga fire suppression system yang ditempatkan pada setiap lantai.

Pelanggan korporasi juga dapat menikmati secara langsung layanan Data Center melalui penyewaan server, penyewaan rak, dan penyediaan cage sebagai pelindung rak. Semua fasilitas ini dipersiapkan sebagai tempat untuk Disaster Recovery Center (DRC).

(Baca juga: Data Center XL Raih Tiga Sertifikasi Internasional)
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8045 seconds (0.1#10.140)