XL Axiata Punya 2.300 BTS 4G di Aceh, Melayani 1 Juta Pelanggan

Senin, 02 Oktober 2023 - 20:19 WIB
loading...
XL Axiata Punya 2.300 BTS 4G di Aceh, Melayani 1 Juta Pelanggan
Jaringan 4G XL Axiata diklaim menjangkau 3.980 Desa/Kelurahan di Aceh, digunakan oleh 1 juta pengguna. Foto: XL Axiata
A A A
JAKARTA - Dalam setahun terakhir trafik data PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) di Aceh naik 15%, dengan jumlah pelanggan hampir 1 juta. Karena itu, XL Axiata terus berupaya meningkatkan kualitas jaringan 4G mereka.

Kini, sebanyak 3.980 desa/kelurahan di 188 kecamatan telah terlayani jaringan XL Axiata. Termasuk di pulau-pulau terpencil di provinsi yang terletak di bagian paling ujung barat Republik Indonesia tersebut.

Total BTS yang menopang layanan XL Axiata di seluruh Aceh sekitar 2.300 BTS, mayoritas BTS 4G. Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi mengatakan, upaya penguatan jaringan data dan telekomunikasi XL Axiata laksanakan seiring meningkatnya trafik di hampir seluruh Aceh.

“Dalam setahun terakhir, trafik data meningkat sekitar 15% di Aceh, dan jumlah pelanggan menjadi hampir 1 juta,” ungkap Desy.

“Karena itu, untuk menjaga kualitas layanan kami harus terus meningkatkan kualitas jaringan, termasuk juga memperluas wilayah layanan,” tambahnya.

Desy menyebut, peningkatan kualitas jaringan yang dilakukan antara lain berupa hygiene clearance site, ekspansi dari capacity transport dan radio, penambahan site baru, penambahan jalur backbone serta melakukan optimisasi.

Wilayah Pegunungan Jadi Tantangan
XL Axiata Punya 2.300 BTS 4G di Aceh, Melayani 1 Juta Pelanggan

Menurut Desy, saat ini penduduk Aceh sekitar 5,4 juta jiwa (2022) dan tersebar di wilayah yang sangat luas. Ini jadi tantangan tersendiri bagi XL Axiata. Belum lagi secara geografis, sebagian besar wilayah Aceh terdiri dari pegunungan yang memanjang dari ujung barat hingga perbatasan dengan Sumatera Utara.

Sejumlah kabupaten berada di area pegunungan yang cukup terpencil tersebut, yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Aceh Tenggara. Peningkatan infrastruktur tetap XL Axiata lakukan di ketiga kabupaten pegunungan tersebut dalam dua tahun terakhir, dengan menambah tidak kurang dari 10 BTS 4G, sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu di kota/kabupaten lain, seperti Kabupaten Aceh Timur, Kabupaten Nagan Raya, Kota Banda Aceh, Aceh Besar, dalam dua tahun terakhir, XL Axiata telah melakukan penambahan hingga lebih dari 150 BTS.

Khusus di area sepanjang Pantai Barat Aceh, yang juga cukup terpencil, mulai dari Aceh Besar hingga Aceh Selatan, XL Axiata juga melalukan penambahan lebih dari 80 BTS 4G dalam dua tahun terakhir.

Lebih dari dari 1.700 desa/kelurahan dan 81 kecamatan di 9 kabupaten, telah terlayani layanan 4G XL Axiata di wilayah yang menghadap Samudera Hindia itu.



Penguatan jaringan juga dilakukan di pulau-pulau sekitar yang berada di Provinsi Aceh. Selain Pulau Weh, penguatan jaringan juga dilakukan di Pulau Simeulue hingga Pulau Banyak. Di kedua pulau yang berlokasi di Samudera Hindia tersebut, total ada 24 BTS 4G, yang melayani pelanggan di 37 desa.

“Saat ini di Pulau Weh ada 16 BTS 4G yang menjangkau 15 desa di 2 Kecamatan. Dalam dua tahun terakhir, trafik data di Pulau Weh meningkat hingga 10%,”imbuhDesy.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2783 seconds (0.1#10.140)