Setelah Viral, Penjualan Mainan Lato-Lato Naik 57 Kali Lipat di Tokopedia

Rabu, 04 Januari 2023 - 18:44 WIB
loading...
Setelah Viral, Penjualan Mainan Lato-Lato Naik 57 Kali Lipat di Tokopedia
Lato-Lato jadi mainan yang banyak dicari selama pergantian tahun. Foto: dok Tokopedia
A A A
JAKARTA - Mainan viral Lato-Lato laris manis selama pergantian tahun kemarin di marketplace Tokopedia. “Di Tokopedia , penjualan mainan Lato-Lato melonjak hampir 57 kali lipat saat momen pergantian tahun 2022-2023,” ujar Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Lato-Lato sebenarnya bukan mainan baru. Permainan tersebut sudah ada di negara lain. Menjadi populer pada era 1970an dan 1990an, dan kemudian muncul kembali di 2022. Lato-Lato memiliki berbagai nama, mulai nok-nok, tok-tok, clackers, click-clacks, dan lainnya.

Setelah Viral, Penjualan Mainan Lato-Lato Naik 57 Kali Lipat di Tokopedia

Presiden Jokowi memainkan Lato-Lato bersama Ridwan Kamil. Foto: Tangkapan Layar

Popularitas Lato-Lato meroket sejak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memainkannya beberapa waktu lalu ketika berkunjung ke Subang.

Postingan terkait Lato-Lato menjadi viral di berbagai media sosial, mulai Twitter, Facebook, hingga TikTok dan YouTube. Cara memainkan Lato-Lato cukup mudah, yakni digoyangkan agar kedua bola yang terhubung dengan seutas tali saling membentur.

Menurut Ekhel, banyak orang yang penasaran dan memutuskan untuk membeli Lato-Lato lewat online.

Selain Lato-Lato, Ekhel menyebut bahwa Tokopedia mencatat antusiasme tinggi dari masyarakat dalam berbelanja online selama pergantian tahun dibanding periode sama tahun sebelumnya.

“Perlengkapan Kebersihan, Minuman, Makanan Jadi (makanan siap saji dan masak), Perawatan Tubuh dan Kecantikan hingga Daging dan Seafood menjadi beberapa subkategori dengan kenaikan transaksi paling tinggi di periode tersebut,” beber Ekhel.

Ia menyebut bahwa sosis, daun bawang, bumbu masak, beras putih hingga makanan siap masak menjadi beberapa produk makanan yang mengalami kenaikan jumlah transaksi paling tinggi saat malam pergantian tahun baru.



Perlengkapan musim hujan juga jadi salah satu kebutuhan masyarakat, termasuk menyambut tahun baru 2023. “Penjualan jas hujan mengalami peningkatan lebih dari 1,5 kali lipat saat momen pergantian tahun 2022-2023,” jelas Ekhel.

Selain makanan, mainan Lato-Lato dan jas hujan, Tokopedia melihat transaksi sejumlah produk yang berkaitan dengan perlengkapan pesta dan kerajinan tangan ikut melonjak.

“Di kategori Perlengkapan Pesta dan Craft, beberapa produk yang terlaris adalah konfeti, perlengkapan jahit, goodie bag, hampers dan gantungan kunci,”tambahEkhel.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)