10 Tips Belajar Bahasa Pemrograman Efektif Secara Otodidak

Selasa, 06 Desember 2022 - 14:52 WIB
loading...
A A A
Setelah mengetahui bahasa pemrograman yang diinginkan, maka bisa menentukan spesifikasi dan teknologi perangkat yang digunakan.

4. Mencari Sumber Belajar
Langkah ini sangat penting bagi pemula untuk belajar pemrograman, terlebih yang melakukan secara otodidak. Pilih sumber yang terpercaya. Bisa melalui artikel, blog, atau audio visual seperti di YouTube.

Khusus untuk belajar pemrograman melalui YouTube ada beberapa kanal yang menyediakan tutorial seperti Web Programming UNPAS, Belajar Coding Otodidak, Kelas Terbuka, atau Dea Afrizal. Seluruh kanal tersebut memberi cara belajar pemrograman.

5. Buat Sesuatu
Setelah memilih sumber belajar, coba buat sesuatu berdasarkan ilmu yang didapatkan dari apa yang telah dipelajari. Misalnya membuat website porfolio untuk diri sendiri atau aplikasi untuk menyusun data.

6. Belajar Membaca Dokumentasi Teknis
Membaca dokumentasi resmi sangat penting untuk menyelesaikan masalah agar tidak mengandalkan orang lain. Jadi, pastikan ketika bertanya ke sebuah forum, sudah benar-benar membaca dokumentasi resmi.

7. Belajar Menghadapi Eror
Ini merupakan kemampuan yang tidak kalah penting karena seluruh programer akan menghadapi error. Selama belajar pemrograman tak perlu khawatir jika mendapatkan error karena itu penting untuk melangkah ke tahap berikutnya.

8. Belajar dengan Programer Selevel
Bukan hanya melihat tutorial yang sudah disediakan di berbagai platform, mencari rekan yang baru belajar pemrograman juga sangat penting. Ini akan membantu Anda memiliki teman diskusi, terlebih tujuan belajar pemrograman sama.

Ini juga dapat melatih komunikasi dan kolaborasi yang sangat penting bagi seorang programer ketika masuk ke dunia kerja.



9. Bergabung Komunitas
Bergabung dengan komunitas perlu dilakukan bagi seseorang yang belajar pemrograman secara otodidak. Info yang didapatkan dari komunitas bisa membantu dalam menghadapi suatu masalah karena pengalaman yang didapatkan oleh anggotanya berasal dari dunia kerja yang sudah dilakoninya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3715 seconds (0.1#10.140)