Bahasa Pemrograman Populer yang Biasa Digunakan Para Programer

Minggu, 15 Agustus 2021 - 19:19 WIB
loading...
Bahasa Pemrograman Populer yang Biasa Digunakan Para Programer
Bahasa pemrograman atau disebut juga bahasa komputer adalah instruksi standar yang biasa digunakan programer. Foto/dok
JAKARTA - Bahasa pemrograman atau disebut juga bahasa komputer adalah instruksi standar yang biasa digunakan para programer untuk memerintah komputer sesuai dengan kebutuhannya. Bahasa ini merupakan himpunan dari sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.

Dengan bahasa pemrograman, seorang programer bisa menentukan data mana yang akan diolah oleh komputer, disimpan atau diteruskan dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi.

BACA: Bahayanya Pakai Software Bajakan

Ada banyak bahasa programan yang digunakan para programer untuk memerintahkomputer mengerjakan sesuatu. Namun ada 5 bahasa programer paling populer yang dikutip dari halaman resmi Universitas Indonesia, berikut bahasa pemrogramannya:



1. JavaScript

Bahasa pemrograman yang paling populer dipakai dan mudah dipelajari oleh programer adalah JavaScript. Dengan JavaScript ini, programer biasa menggunakannya untuk meningkatkan fungsionalitas website, menyempurnakan tampilan dan sistem halaman website, hingga mengaktifkan permainan dan software berbasis website.

Bhakan saking seringnya digunakan untuk web developer, Javascript sering dijadikan sebagai salah satu syarat keahlian untuk profesi Front End Developer.

2. SQL

Structured Query Language atau SQL adalah bahasa khusus yang digunakan programer ketika membuat maupun mengolah database dalam sebuah sistem. Profesi yang menangani bahasa ini biasanya adalah Back-End Developer dan Full Stack Developer.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda