Mengenal Apa Itu Algoritma Pemrograman

Senin, 16 Agustus 2021 - 07:15 WIB
loading...
Mengenal Apa Itu Algoritma Pemrograman
Saat ini, pemrograman semakin banyak dipelajari oleh orang-orang, baik itu di bidang keperawatan, bangunan, pendidikan dan lain sebagainya. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Algoritma kerap kali disangka berkaitan dengan bahasa pemrograman, ilmu komputer, matematika dan berisi sekumpulan angka.

Secara umum, algoritma sendiri mewakili langkah-langkah dalam pemecahan masalah. Algoritma mencakup perhitungan, penalaran, dan pemrosesan data yang dapat disajikan dalam bahasa alami, kode, diagram alur (flowchart), dan lain-lain.



Saat ini, pemrograman semakin banyak dipelajari oleh orang-orang, baik itu di bidang keperawatan, bangunan, pendidikan dan lain sebagainya.

Untuk itu, tanpa adanya pengetahuan mengenai algoritma pemrograman maka hasil yang diperoleh pasti tidaklah maksimal.

Sebab, algoritma pemrograman merupakan dasar pijakan dalam menciptakan suatu program pada komputer.

Mengutip laman Id CloudHost, Minggu (15/8), algoritma pemrograman mampu menyederhanakan dari program yang besar menjadi program yang lebih sederhana, sehingga penggunaannya lebih efektif dan efisien.

Fungsi dari algoritma ini bukan merupakan sekali pakai, artinya dapat digunakan secara berulang-ulang ini memberikan keuntungan dalam meminimalisir penulisan program yang berulang-ulang.

Agar dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman sehingga dinamakan program.



Jadi program adalah perwujudan atau implementasi teknis algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh komputer.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0203 seconds (0.1#10.140)