5 Cara Melindungi Akun Media Sosial Pribadi dari Hacker

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 17:03 WIB
loading...
5 Cara Melindungi Akun Media Sosial Pribadi dari Hacker
Cara melindungi akun media sosial dari hacker wajib diketahui agar terhindar dari peretasan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Kasus peretasan media sosial semakin marak terjadi belakangan ini. Facebook, Instagram, dan WhatsApp adalah target nomor satu para hacker dalam melancarkan aksinya, mulai melakukan penguntitan hingga penipuan.

Bagi kalian yang aktif menggunakan media sosial, penting untuk mengetahui beberapa tindakan pencegahan untuk meminimalkan risiko dan melindungi akun dari hacker. Nah, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Pilih kata sandi yang kuat
Memilih kata sandi yang kuat adalah langkah pertama untuk melindungi akun media sosial dari serangan hacker. Gunakan kata sandi dengan kombinasi angka dan huruf. Selain itu pastikan kata sandi berbeda untuk setiap akun. Juga, ubah kata sandi secara berkala.

2. Aktifkan otentikasi dua faktor
Kita juga dapat mempersulit upaya hacker dengan menyiapkan otentikasi dua faktor (2FA). Karena otentifikasi 2FA mengharuskan pemilik akun untuk membuktikan identitas sebanyak dua kali.

3. Siapkan peringatan masuk perangkat baru
Dengan menggunkan fitur keamanan yang satu ini, maka akan mendapat notifikasi apabila ada yang mencoba mengakses akun dari perangkat baru. Jika notifikasi muncul, segera ubah detail login akun untuk menyulitkan hacker masuk.

4. Jangan asal klik link mencurigakan
Link phishing menjadi salah satu cara paling umum untuk menyebarkan malware dan virus untuk mencuri informasi sensitif. Serangan ini bertujuan untuk mencuri kredensial login agar bisa masuk ke akun medsos. Untuk itu, selalu hati-hati ketika mendapat tautan yang mencurigakan.

BACA JUGA: Waduh, Ada Malware Berbahaya Ngumpet di Logo Windows!

5. Buatlah email khusus untuk media sosial.
Terakhir, buatlah alamat email baru yang digunakan secara khusus untuk login ke akun media sosial. Ini sebenarnya bukanlah langkah melindungi akun dari medsos, tapi efeknya akan terasa ketika medsos sudah di retas.

Dengan email khusus, informasi pribadi tetap terlindungi jika hacker berhasil melancarkan aksinya.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2387 seconds (10.101#12.26)