Google Doodle Tampilkan Sosok Pahlawan Nasional Raja Ali Haji Ahmad

Sabtu, 05 November 2022 - 06:00 WIB
loading...
Google Doodle Tampilkan Sosok Pahlawan Nasional Raja Ali Haji Ahmad
Google Doodle hari ini merayakan kehidupan dan warisan Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad. Foto/Ilustrasi/Google
A A A
JAKARTA - Google Doodle hari ini merayakan kehidupan dan warisan Raja Ali Haji bin Raja Haji Ahmad. Raja Ali secara anumerta dihormati sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada 5 November tahun 2004.

Raja Ali adalah seorang sejarawan, cendekiawan, dan penulis terkenal yang memimpin kebangkitan sastra dan budaya Melayu pada abad ke-19. Raja Ali lahir sebagai pangeran Bugis-Melayu pada tahun 1809 dari keluarga ulama.

Ketika dia masih muda, keluarganya pindah ke Pulau Penyengat. Dia belajar dengan ulama terkenal dari Kesultanan Riau-Lingga dan diakui sebagai siswa yang berbakat.

Baca juga; Google Doodle Tampilkan Tempe Mendoan, Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Sebagai seorang remaja, Raja Ali menemani ayahnya dalam misi ke Jakarta, serta ziarah ke Mekah. Keduanya adalah bangsawan Riau pertama yang mencapai prestasi ini.

Ketika berusia 32 tahun, Raja Ali menjadi bupati bersama Sultan muda dan akhirnya dipromosikan menjadi penasehat agama. Dalam peran ini, dia mulai menulis tentang bahasa, budaya, dan sastra orang Melayu.

Karya-karyanya meliputi kamus Melayu, teks pendidikan tentang tugas raja, silsilah Melayu dan Bugis, antologi puisi dan banyak lagi. Pada tahun 2004, Raja Ali mendapat penghargaan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia atas kontribusinya pada bahasa, sastra, budaya Melayu, dan sejarah Indonesia.

Baca juga; Kenang Tokoh Pendidikan, Google Doodle Tampilkan Sosok Bu Kasur

Karyanya yang paling terkenal adalah Tuhfat al-Nafis, atau “Hadiah Berharga”, yang dianggap sebagai sumber tak ternilai tentang sejarah Semenanjung Melayu. Sekarang diukir di batu nisannya untuk dibaca orang saat berkunjung.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2010 seconds (11.97#12.26)