Makna Google Doodle Hari Kemerdekaan Indonesia 2024 Rancangan Seniman Bali Monez

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 09:53 WIB
loading...
Makna Google Doodle...
Burung garuda memimpin arak-arakan dengan pakaian tradisional. Foto: Google
A A A
JAKARTA - Google Doodle ikut meramaikan HUT ke-9 RI dalam bentuk karnaval topeng tradisional hingga pakaian adat.

Doodle sendiri adalah karikatur atau gambar unik di laman Google Search. Biasanya, Google Doodle ini berubah-ubah sesuai dengan hari yang dirayakan.

“Hari Kemerdakaan Indonesia ini Dirayakan dengan Pawai 17-an!" demikian dikutip dari situs Doodle. “Merdeka! Selamat Hari Kemerdekaan, Indonesia!”.

Doodle Hari Kemerdakaan diilustrasikan oleh seniman tamu berbasis di Bali, Monez. Monez adalah seniman peraih Sarjana dan Magister Seni di Institut Seni Indonesia (ISI) Bali.

Makna Google Doodle Hari Kemerdekaan Indonesia 2024 Rancangan Seniman Bali Monez

Konsep karya Monez adalah menghormati warisan budaya bangsa yang kaya dan visinya untuk masa depan cerah di bawah tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju".

Monez menangkap esensi era baru bagi Indonesia, menyoroti perjalanan bangsa yang sedang berlangsung menuju persatuan, kemajuan, dan pembangunan.

Karya seni ini menampilkan permadani pulau-pulau Indonesia yang beragam, disatukan dalam perpaduan harmonis yang melambangkan kekuatan kolektif bangsa dan persatuan dalam keberagaman.



Doodle ini mengambil inspirasi dari lanskap budaya Indonesia yang kaya, menggabungkan unsur-unsur dari seluruh nusantara, seperti pola batik yang rumit, gerakan anggun tarian tradisional, dan diatur dalam latar parade; termasuk semangat inovasi yang mendorong bangsa ke depan.

“Warna-warna cerah dan detail dalam Doodle mencerminkan perjalanan Indonesia dari akar sejarahnya hingga aspirasi modernnya, mewujudkan semangat kemerdekaan dan dorongan tak kenal lelah menuju masa depan yang sejahtera,” tulis Google.

Karya seni ini menampilkan keragaman dari pulau-pulau Indonesia, yang bersatu dalam perpaduan harmonis "yang melambangkan kekuatan kolektif bangsa dan persatuan dalamkeberagaman."
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)