Perbedaan Keyboard Membrane dan Mechanical, Mana yang Terbaik?

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 12:38 WIB
loading...
Perbedaan Keyboard Membrane dan Mechanical, Mana yang Terbaik?
Perbedaan keyboard membrane dan mechanical penting untuk diketahui. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Keyboard membrane dan mechanical sangat berbeda. Masing-masing punya plus dan minusnya sendiri, fungsi, harga, serta fans/penggemar yang sangat berbeda.

Nah, apa saja perbedaan keyboard membrane dengan keyboard mechanical ?

• Keyboard Membrane
Perbedaan Keyboard Membrane dan Mechanical, Mana yang Terbaik?

Keyboard membrane merupakan keyboard komputer yang memiliki tombol tidak terpisah serta bagian yang bergerak. Namun, menggunakan bantalan tekanan yang hanya memiliki garis dan simbol yang dicetak pada permukaan datar dan fleksibel.

Maka, keyboard jenis ini tidak memiliki umpan balik taktil. Keyboard membrane memiliki membran dimana setiap tombol terletak pada bagian yang berbeda dari tiga lapisan membran yang peka terhadap tekanan.

Lalu, ada sirkuit yang dilapisi oleh lapisan karet dan diatasnya terdapat tombol atau tuts.

Saat tombol ditekan, maka memicu lapisan karet di bawahnya. Ketika lapisan karet menekan sirkuit, sirkuit mengirimkan informasi ke CPU.

Kemudian, CPU menampilkan output di layar. Kunci harus ditekan sangat keras agar lapisan karet bisa menyentuh sirkuit. Kekurangan keyboard membrane, ketika ada salah satu tuts yang rusak, maka seluruh keyboard harus diganti. Keunggulannya, harganya lebih murah.

• Keyboard Mechanical
Perbedaan Keyboard Membrane dan Mechanical, Mana yang Terbaik?

Keyboard mechanical menggunakan saklar individual untuk setiap tombol. Tombol tersebut dapat ditekan bahkan dengan lembut, dan mekanisme di dalamnya akan secara otomatis mendeteksi.

Keuntungan utama sistem mekanis di keyboard mechanical memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan nuansa setiap penekanan tombol, termasuk titik aktuasi, rasa, dan suara. Keyboard mechanical belakangan ini juga semakin populer karena memungkinkan penggunanya melakukan banyak sekali kustomisasi.



Mereka bisa memilih ukuran, mengganti tuts, menciptakan tutsnya sendiri, memilih switch keyboard untuk mendapatkan karakter yang berbeda-beda. Dan lainnya. Kekurangan keyboard tersebut adalah harganya yang relatif lebih mahal.

MG/ Andini Deffa Sudjatmiko
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2908 seconds (0.1#10.140)